sign up SIGN UP

LIFE

4 Manfaat Memijat Payudara Sendiri

utty tuti | Sabtu, 18 Jul 2020 18:30 WIB
4 Manfaat Memijat Payudara Sendiri
caption

Salah satu organ wanita yang mampu menarik perhatian lawan jenis adalah payudara. Area yang sensitif ini juga sangat penting dijaga kesehatannya.

Salah satu cara menjaga kesehatan payudara adalah dengan cara memijatnya. Meski seringkali dikaitkan dengan rangsangan seksual, memijat payudara bisa mendapatkan banyak manfaat.

Terus apa manfaat memijat payudara?


Mendeteksi Kanker Payudara

Memijat Payudara
Memijat Payudara/freepik.com

Sebuah penelitian melaporkan, sekitar 25 persen wanita berhasil mendeteksi kanker payudaranya sendiri melalui pijatan.

Kanker payudara dapat diidentifikasi melalui benjolan atau terdapat jaringan yang menebal di payudara, sehingga mengubah ukuran maupun bentuk payudara.

Karena itu, penting bagi wanita untuk mendeteksi dini kanker payudara dimulai dari cara yang paling mudah, yaitu dengan memijatnya.

Semakin dini diagnosis, semakin banyak peluang untuk pulih dan mencegah penyakit agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Meningkatkan Kualitas ASI

breastfeeding/freepik.combreastfeeding/freepik.com/

Memijat payudara memberikan manfaat bagi ibu menyusui lho! Sebagai contoh, terdapat sebuah studi yang mengatakan bahwa wanita yang rutin memijat payudaranya selama 30 menit setelah melahirkan lebih mungkin terhindar dari nyeri payudara saat menyusui.

Tak hanya itu, sebuah studi lain di tahun 2004 juga menemukan, rutin memijat payudara dapat meningkatkan kualitas air susu ibu (ASI).

Menghilangkan Racun di Tubuh 

Pijat payudara dapat menghilangkan racun dari sistem limfatik tubuh. Sistem limfatik merupakan jaringan pembuluh darah yang berfungsi untuk menyaring sisa cairan berlebih dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Karena itu, memijat payudara dapat merangsang sistem limfatik agar bekerja dengan baik dan terhindar dari risiko kerusakan. 

Meredakan Stress

Selain Meredakan Stress, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi CoklatSelain Meredakan Stress, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Coklat/ Foto:freepik

Selain itu, memijat payudara mengurangi stress yang kamu alami. Pijat payudara membantu melepaskan hormon perasaan-baik yang mirip dengan semua pijat yang membuat penerima merasa nyaman, dan karenanya hal ini akan mengurangi stres.

Cara memijat payudara, yaitu secara lembut pada payudara dengan melakukan gerakan memutar menggunakan minyak. Hal ini dilakukan agar proses pemijatan menjadi lebih mudah.

Kemudian beri tekanan lembut dengan empat jari pertama mulai dari puting susu dan kemudian gerakkan tanganmu ke bagian luar payudara. Mudah kan? Yuk, rasakan manfaat dari pijatan payudara ini.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id