sign up SIGN UP

LIFE

4 Mitos Diet dan Nutrisi yang Dipercaya Ampuh Turunkan Berat Badan

Lifia Mawaddah Putri | Minggu, 30 Aug 2020 11:30 WIB
4 Mitos Diet dan Nutrisi yang Dipercaya Ampuh Turunkan Berat Badan
caption
Jakarta -

Siapa sih yang enggak ingin memiliki tubuh yang ideal? Untuk mendapatkannya, enggak sedikit orang yang rela melakukan diet. Semua nasihat dari orang-orang sekitar pun dipercaya dan dilakukan agar target cepat tercapai. Padahal, enggak semua omongan tersebut benar lho! Nah buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, yuk simak beberapa mitos tentang diet yang ternyata salah berikut ini!

Karbohidrat Bikin Berat Badan Bertambah

Umumnya orang akan menghindari atau mengurangi karbohidrat saat sedang diet. Sebab, banyak orang meyakini bahwa mengonsumsi karbohidrat akan membuat berat badan bertambah.
Diet/freepik.com

Umumnya orang akan menghindari atau mengurangi karbohidrat saat sedang diet. Sebab, banyak orang meyakini bahwa mengonsumsi karbohidrat akan membuat berat badan bertambah. Padahal anggapan ini enggak sepenuhnya benar. Karbohidrat sendiri hadir dalam bentuk sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana dapat ditemukan pada nasi, kue, roti dan permen. Sedangkan karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada gandum, kacang-kacangan dan buah. Nah jika kamu sedang diet, mengonsumsi karbohidrat kompleks justru baik untukmu.

Makan Malam Bikin Gemuk

mengonsumsi makanan setelah jam 8 malam akan berefek sama dengan memakan banyak makanan sebelum jam 8 malam.
Diet/freepik.com

Mitos yang satu ini juga enggak kalah banyak dipercaya oleh orang yang sedang diet. Rata-rata dari mereka pasti berhenti makan sebelum pukul 8 malam. Padahal, mengonsumsi makanan setelah jam 8 malam akan berefek sama dengan memakan banyak makanan sebelum jam 8 malam. Jadi, enggak ada bedanya jika kamu makan sebelum atau sesudah jam 8 malam. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu harus lebih mementingkan keseimbangan gizi serta porsi dibandingkan dengan waktu makannya.

Melewatkan Sarapan Bikin Cepat Kurus

Selain menghindari makan malam, kebanyakan orang juga memilih untuk melewatkan sarapan saat sedang program penurunan berat badan.
Diet/freepik.com

Selain menghindari makan malam, kebanyakan orang juga memilih untuk melewatkan sarapan saat sedang program penurunan berat badan. Kebanyakan orang percaya bahwa cara ini efektif untuk membuat berat badan cepat turun. Padahal, melewatkan sarapan enggak akan bikin berat badanmu turun lho! Berat badan yang turun seketika saat melewatkan sarapan sebenarnya bukan berasal dari lemak. Melainkan massa ototmu yang berkurang. Akhirnya, kamu pun akan lebih mudah lapar dan cepat lelah. Oleh sebab itu sebaiknya jangan melewatkan sarapan ya, Beautynesian.

Makanan Rendah Lemak Lebih Baik

Ketika sedang diet, kebanyakan orang juga lebih memilih makanan yang rendah lemak.
Diet/freepik.com

Ketika sedang diet, kebanyakan orang juga lebih memilih makanan yang rendah lemak. Padahal seringkali makanan berlabel bebas lemak justru mengandung kalori yang tinggi. Sebab saat lemak dihilangkan dari sebuah proses pengolahan makanan, seringkali makanan tersebut harus diisi dengan bahan makanan lain. Misalnya saja seperti gula, pengganti gula, atau sodium. Jadi, makanan berlabel rendah lemak belum tentu bikin berat badanmu turun.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id