sign up SIGN UP

5 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Sebaiknya Bangun Lebih Awal Saat Pagi Hari, Bikin Mood Baik Seharian Salah Satunya!

Novianty Aulia | Kamis, 14 Oct 2021 06:00 WIB
5 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Sebaiknya Bangun Lebih Awal Saat Pagi Hari, Bikin Mood Baik Seharian Salah Satunya!
caption

Kebiasaan tidur larut malam membuat sebagian orang amat menghindari bangun awal saat pagi hari. Anggapan bangun pagi hanya sebatas ritual saat bekerja, membuat kamu enggan beranjak dari kasur terlebih saat sedang libur.

Padahal, kebiasaan yang satu ini menjadi langkah murah untuk mencapai tubuh yang sehat lho, Beauties. Bagi kamu yang masih malas untuk bangun pagi, berikut terdapat 5 penjelasan mengapa bangun lebih awal sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu.

Seperti apa penjelasannya? Yuk, simak artikelnya di bawah ini! 

Daya Tahan Tubuh Meningkat

Sinar matahari saat pagi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit
Membantu jaga daya tahan tubuh/Foto:Freepik.com/Wayhomestudio


Sejatinya, setiap tubuh membutuhkan paparan hangat sinar matahari pagi guna menjaga ketahanan tubuh dari terjangan penyakit. Vitamin D yang didapat dari matahari dapat membentuk sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi, sehingga organ-organ dalam tubuh terus berfungsi dengan baik.

Dengan menerapkan kebiasaan bangun pagi, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk merasakan kehangatan dari sinar matahari. Selain tubuh yang terjaga, sistem pernapasan juga semakin sehat dengan udara pagi yang masih sejuk. So, jangan malas untuk bangun pagi ya, Ladies.

Energi Tubuh Terpenuhi

Banyak waktu yang tersisa untuk menyiapkan menu sarapan sebelum melakukan rutinitas sehari-hari.
Pola sarapan berjalan dengan teratur/Foto:Freepik.com/Tirachardz

Setelah tidur nyenyak semalaman, tubuh akan kehilangan banyak energi untuk dapat melakukan rutinitas lanjutan. Dengan bangun lebih pagi, kamu memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan dengan menu sehat, guna memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh.

Selain menjadi sumber energi, sarapan juga dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Seperti dilansir dari laman detikFood, sering melewatkan sarapan dapat mengundang berbagai penyakit pada tubuhmu.

Hal serupa juga ditemukan pada sebuah studi oleh jurnal Public Health Nutrition tahun 2015 di mana orang-orang yang terbiasa melewatkan makan saat pagi, memiliki resiko diabetes yang sangat tinggi. Oleh karena itu, biasakanlah bangun pagi agar pola sarapan tetap teratur.

Mudah Berkonsentrasi

Bangun lebih awal membuat otak bekerja dengan sempurna sehingga segalanya dapat diproses dengan baik.
Pikiran lebih terfokus sehingga pekerjaan mudah terselesaikan/Foto:Freepik.com/Lookstudio


Kemampuan berpikir yang baik, memang tidak dapat langsung bekerja setelah terbangun dari tidur yang panjang. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam bahkan lebih bagi otak untuk memproses serta mengartikan hal-hal tertentu.

Hal inilah yang menjadi jawaban mengapa bangun siang sebelum bekerja malah cenderung membuat segalanya menjadi tidak teratur. Pikiran sulit untuk fokus karena otak yang dipaksa langsung bekerja terlalu cepat.

Untuk itu, bangunlah lebih awal agar otak mendapatkan waktu yang sempurna untuk memahami segala sesuatunya. Pekerjaan pun mudah terselesaikan karena konsentrasi otak yang terbangun secara penuh.

Menghindari Resiko Depresi

Tercukupinya jam tidur dapat menjaga kondisi emosi sehingga tidak mudah terserang cemas hingga depresi.
Jam istirahat yang tepat membuat kondisi emosi menjadi lebih stabil/Foto:Freepik.com/Tirachardz


Percaya atau tidak, bangun lebih awal ketika pagi juga dapat menjauhkan kamu dari ancaman depresi dan kecemasan lho, Beauties.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatric mengungkapkan bahwa orang-orang yang terbiasa bangun pagi memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami gangguan kecemasan dibandingkan dengan seseorang yang bangun terlambat.

Pola istirahat dan bangun tidur yang baik akan memulihkan kondisi fisik sehingga membawa manfaat pula untuk kesehatan mental dan perasaanmu. Pagi hari pun terasa menyenangkan tanpa beban pikiran yang melelahkan.

Mengawali Hari dengan Lebih Bahagia

Terbangun sesuai jam biologis membuat tubuh merasa lebih.bahagia dan mood terjaga seharian,
Menjalani hari dengan lebih bahagia/Foto:Freepik.com/Freepik


Sejalan dengan rendahnya ancaman kecemasan, orang-orang yang terbiasa bangun pagi diyakini memiliki perasaan yang lebih bahagia serta level mood yang baik dibandingkan dengan mereka yang bangun lebih lama.

Kondisi ini dipengaruhi oleh sistem alami tubuh yang harus bangun ketika sinar matahari terbit dan beristirahat setelah hari mulai gelap. Ketika jam biologis ini berjalan tidak teratur, maka fungsi tubuh akan terganggu dan segala aktivitas menjadi kusut.

Bangun dengan perasaan bahagia tentunya membuat tubuh lebih segar dan mood terjaga seharian.

So Beauties, yuk mulai terapkan kebiasaan bangun pagi dan tinggalkan begadang ya!

----------------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id