sign up SIGN UP

LIFE

5 Fakta tentang Menstrual Cup yang Menarik untuk Diketahui

Rumaysha Milhania | Kamis, 28 May 2020 17:00 WIB
5 Fakta tentang Menstrual Cup yang Menarik untuk Diketahui
caption
Ingin pakai menstrual cup, tapi ragu? Yuk, simak 5 fakta menarik tentang menstrual cup yang harus kamu tahu berikut ini!

Kamu pasti sudah pernah mendengar tentang menstrual cup. Produk sanitasi wanita pengganti pembalut dan tampon yang satu ini memang banyak dipromosikan oleh para influencer. Benda dengan bentuk seperti wadah kecil yang dimasukkan ke dalam vagina ini bekerja untuk mengumpulkan darah menstruasi. Berbeda dengan pembalut dan tampon, menstrual cup sangat ramah lingkungan karena bisa dicuci dan digunakan berulang kali. Tentu ini sangat baik karena bisa mengurangi sampah yang biasa wanita hasilkan dari pembalut.

Meskipun begitu, penggunaan produk yang satu ini masih menimbulkan pro dan kontra. Banyak orang beranggapan bahwa memasukkan barang ke dalam vagina dapat menyebabkan vagina menjadi longgar. Tidak hanya itu, penggunaan menstrual cup sebelum menikah juga dikatakan dapat menghilangkan keperawanan. Apakah itu benar? Untuk itu, simak 5 fakta menarik seputar menstrual cup yang patut kamu tahu.

1. Ramah Lingkungan

Ternyata, produk menstruasi seperti pembalut dan tampon menghasilkan satu ton sampah per bulannya. Kamu tentu bisa membayangkan bagaimana ramah lingkungannya produk ini jika digunakan oleh para perempuan. Cawan menstruasi ini dapat bertahan selama tiga hingga empat tahun yang berarti penghematan dan ramah untuk lingkungan.


Foto: https://www.healthline.com/


2. Ekonomis

Coba bayangkan berapa banyak yang kamu habiskan untuk membeli tampon atau pembalut selama tiga hingga empat tahun? Membeli cawan menstruasi senilai 500 ribu rupiah terdengar sangat ekonomis jika dibandingkan dengan itu semua. Jadi, tidak hanya ramah lingkungan, produk ini juga ramah kantong.
 



4. Terdapat Variasi Ukuran

Sebagian besar merek memiliki dua ukuran, yaitu untuk wanita di bawah 30 tahun dan yang belum pernah hamil. Satu lagi adalah produk untuk wanita di atas 30 dan pernah hamil. Either way, produk ini tetap sangat mustahil untuk menjadi terlalu besar. Selain itu, pahami juga bahwa vagina memiliki struktur yang memang mampu untuk meregangkan diri. Jadi, jangan khawatir otot vaginamu menjadi longgar, ya!
 


Foto: https://www.wunc.org/


4. Pembersihan adalah Kunci

Meskipun perawatan produk ini sangat mudah, kamu tetap harus benar-benar memperhatikan kebersihan dari produk ini. Produk cawan menstruasi dianjurkan untuk dicuci dengan sabun bebas minyak dan tanpa parfum minimal setiap 12 jam. Apabila kamu berada di kamar kecil umum, bilas dengan cawan menstruasimu dengan air minum atau bersihkan dengan tisu (bukan pembersih feminin, yang berisiko mengiritasi vagina). Selain itu, sesekali juga kamu perlu merebusnya dalam panci air mendidih selama lima hingga 10 menit.
 



5. Produk Sanitasi yang Aman

Berlawanan dengan keyakinan orang di luar sana, cawan menstruasi ini bukanlah benda yang "kotor". Jika kamu merawatnya dengan benar, produk ini sama sterilnya dengan produk lain. Bahkan, produk ini juga bisa digunakan dengan lebih baik karena tidak menyebabkan tumpukan sampah yang membahayakan lingkungan.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id