sign up SIGN UP

LIFE

5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Jovita | Rabu, 12 Aug 2020 19:00 WIB
5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Gigi
caption

Ada berbagai cara untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi, Misalnya menggosok gigi dua kali sehari, menggunakan pasta gigi dengan kandungan Fluoride, kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, hingga menghindari rokok. Namun ternyata itu saja tidak cukup lho, Beautynesian.

Kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang dapat menjaga kesehatan gigi. Berikut daftarnya!

1. Sayuran hijau

Sayuran Hijau Bagus untuk Kesehatan Gigi/ Foto: Pixabay.com
Sayuran Hijau Bagus untuk Kesehatan Gigi/ Foto: Pixabay.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau sayuran hijau memiliki banyak manfaat. Mulai dari kaya antioksidan yang dapat mencegah kanker hingga dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti kalsium dan asam folat. Keduanya memiliki peran penting dalam memperkuat gigi dan jaringan gusi. Wanita hamil biasanya rentan mengalami penyakit gusi, sehingga untuk mencegahnya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat.

Beberapa contoh sayuran hijau yang merupakan makanan terbaik untuk kesehatan gigi, yaitu bayam, kale, brokoli, seledri dan lainnya. Dengan mengunyah seledri, kamu dapat membantu membersihkan permukaan gigi dan mengikat plak serta partikel sisa-sisa makanan.

2. Teh hijau

Teh Hijau Baik untuk Kesehatan Gigi/ Foto: Pixabay.com
Teh Hijau Baik untuk Kesehatan Gigi/ Foto: Pixabay.com

Selain sayuran, teh hijau juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk kesehatan gigi. Penyakit gigi dan gusi bisa menyerang segala usia. Salah satu yang sering terjadi adalah gingivitis yang biasa terjadi karena peradangan. Untuk mengatasi hal ini, Beautynesian bisa mengonsumsi teh hijau.

Zat antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu menangkal peradangan pad gusi. Selain itu, teh hijau dapat membantu meredakan pembengkakan dan menjadikan gusi lebih sehat.

3. Kismis

Kismis Baik untuk Kesehatan Gigi/ Foto: Pixabay.com
Kismis Baik untuk Kesehatan Gigi/ Foto: Pixabay.com

Selanjutnya, ada juga kismis yang merupakan makanan terbaik untuk kesehatan gigi. Menurut penelitian, mengonsumsi kismis dapat membantu kita mendapatkan gigi dan gusi yang sehat.

Hal ini dikarenakan kismis mengandung senyawa fitokimia yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi. Meskipun rasanya manis, tapi kismis tidak mengandung pemanis buatan sehingga baik untuk dijadikan camilan sehari-hari.

4. Yoghurt

Yoghurt Baik untuk Kesehatan Gigi/ Foto: Pixabay.com
Yoghurt Baik untuk Kesehatan Gigi/ Foto: Pixabay.com

Nah, terakhir jika Beautynesian sedang mencari makanan terbaik untuk kesehatan gigi, maka yoghurt bisa jadi jawabannya. Yoghurt merupakan makanan probiotik yang tinggi protein dan kalsium. Kedua kandungan ini sangat berguna untuk menguatkan tulang dan gigi.

Dengan mengonsumsi makanan asam ini, kamu sudah mendukung pertumbuhan bakteri baik di rongga mulut. Selain itu, probiotik juga berguna untuk mengurangi radang gusi dan penumpukan plak. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id