sign up SIGN UP

LIFE

6 Pengobatan Rumah untuk Mengatasi Munculnya Sariawan

Intan Dwi | Rabu, 24 Feb 2021 13:30 WIB
6 Pengobatan Rumah untuk Mengatasi Munculnya Sariawan
6 Pengobatan Rumah untuk Mengatasi Munculnya Sariawan/ foto: verywellhealth.com
Jakarta -

Sariawan adalah masalah kesehatan yang paling umum dan biasanya ditemukan di mulut atau pipi bagian dalam. Masalah ini muncul disebabkan oleh stres, sistem kekebalan yang lemah, kekurangan vitamin, alergi makanan atau kerusakan jaringan dan diperburuk kebersihan mulut serta pola makan.

Meskipun sariawan dapat sembuh sendiri dalam waktu kurang lebih seminggu, tapi kondisi ini bisa mengacaukan mood dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati sariawan yang kamu alami:

Minum vitamin B12

Jika kebutuhan vitamin B12 tidak terpenuhi melalui makanan atau suplemen, maka sariawan dapat berkembang.
Minum vitamin B12/unsplash.com

Kekurangan vitamin dikaitkan dengan sariawan kronis, salah satunya adalah vitamin B12. Jika kebutuhan vitamin B12 tidak terpenuhi melalui makanan atau suplemen, maka sariawan dapat berkembang. Karena vitamin ini sangat diperlukan untuk kesehatan sel.

Vitamin B12 didapatkan secara alami dalam makanan hewani, tetapi juga dapat ditemukan dalam makanan yang diperkaya seperti yang dikembangkan untuk diet vegan. Namun, ada beberapa kondisi medis dapat menyebabkan hambatan dalam penyerapan B12, khususnya penyakit crohn atau celiac.

Hindari makanan asam dan sensitif

Makanan tertentu juga dikaitkan dengan perkembangan sariawan dan bahkan memperpanjang keberadaannya.
Hindari makanan asam dan sensitif/unsplash.com

Makanan tertentu juga dikaitkan dengan perkembangan sariawan dan bahkan memperpanjang keberadaannya. Makanan asam atau pedas dapat menyebabkan sariawan di mulut, makanan asam yang paling umum dapat menyebabkan sariawan ada buah jeruk dan tomat.

Selain menghindari makanan asam, waspada juga kalau kamu memiliki sensitif terhadap makanan karena ini dapat memicu timbulnya sariawan. Orang yang sensitif terhadap kopi, telur, kacang-kacangan, cokelat atau keju rentan terhadap sariawan.

Sensitivitas ini yang membuat kulit mulut mereka lebih cenderung mengembangkan luka saat makanan ini dimakan.

Praktikan kebersihan mulut yang benar

Mempraktikan kebersihan mulut yang benar akan membantu mencegah timbulnya sariawan dan akan menyembuhkan setiap lesi yang berkembang.
Praktikan kebersihan mulut yang benar/freepik.com

Mempraktikan kebersihan mulut yang benar akan membantu mencegah timbulnya sariawan dan akan menyembuhkan setiap lesi yang berkembang. Membersihkan gigi dengan benang dan menggosok gigi dua kali sehari untuk menghilangkan kemungkinan iritasi dari mulut dapat memicu sariawan.

Tetapi ketika membersihkan mulut menyikat dan membersihkan gigi dengan benang harus hati-hati untuk mencegah cedera mulut. Hindari juga menggaruk gusi dengan kuku jari saat melakukan flossing. Kebersihan mulut dapat mencegah strain tertentu dari bakteri mematikan yang dapat menyebabkan pembentukan luka.

Coba lakukan oil pulling

Oil pulling merupakan metode berkumur dengan minyak untuk menjaga kesehatan mulut.
Coba lakukan oil pulling/freepik.com

Oil pulling merupakan metode berkumur dengan minyak untuk menjaga kesehatan mulut. Oil pulling bisa menghasilkan keajaiban untuk mengobati sariawan. Kumur-kumur dengan minyak organik selama lima hingga 10 menit sebelum mandi.

Ini dapat menghilangkan bakteri dan virus dari mulut dan memperkuat jaringan gusi. Kamu bisa coba DIY dengan menggunakan minyak kelapa untuk berkumur.

Kumur dengan air garam

Selain oil pulling, kamu juga bisa kumur-kumur menggunakan air garam hangat untuk obat sariawan yang dibuat di rumah dengan bahan-bahan dari dapur.
Kumur dengan air garam/freepik.com

Selain oil pulling, kamu juga bisa kumur-kumur menggunakan air garam hangat untuk obat sariawan yang dibuat di rumah dengan bahan-bahan dari dapur. Caranya, larutkan satu sendok makan garam dan sebaiknya garam Himalaya, dalam ½ cangkir air hangat dan aduk.

Kemudian kumur selama 15 sampai 30 detik sebelum meludahkannya, ulangi tiga sampai empat kali sehari. Detoksifikasi alami seperti garam Himalaya merah muda dapat menyeimbangkan pH dan mendorong penyembuhan.

Ganti ke obat kumur antiseptik

Jika dua bahan sebelumnya masih belum bisa mengobati sariawan kamu, bisa ganti ke obat kumur antiseptik.
Ganti ke obat kumur antiseptik/freepik.com

Jika dua bahan sebelumnya masih belum bisa mengobati sariawan kamu, bisa ganti ke obat kumur antiseptik. Membilas mulut dengan obat kumur dapat menjaga kebersihan area dan meredakan nyeri atau ketidaknyamanan.

Sebaiknya gunakan obat kumur dengan sifat antiseptik, karena ini dapat membantu mencegah infeksi dan menghilangkan sensasi nyeri di dalam mulut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id