sign up SIGN UP

LIFE

7 Cara Mengatasi Puting Gatal dan Kering

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 10 Nov 2020 19:45 WIB
7 Cara Mengatasi Puting Gatal dan Kering
caption

Puting payudara yang terasa gatal dan kering memang terasa sangat mengganggu. Hal ini tidak hanya bisa berlaku pada wanita melainkan juga pria. Oleh sebab itu, menemukan cara yang pas untuk mengatasinya adalah hal yang harus dilakukan.

Nah, Beautynesia punya beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi puting gatal dan kering. Simak selengkapnya di bawah ini.

Gunakan Bra yang Tepat

Gunakan bra yang tepat dapat membantu mengatasi payudara gatal dan kering/freepik.com
Gunakan Bra yang Tepat/freepik.com

Cara  pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa gatal dan kering pada payudara adalah dengan menggunakan bra yang tepat. Tidak bisa dipungkiri, bra yang dipakai bisa menimbulkan gesekan pada payudara.

Adanya zat pewarna dari bahan pembuatan bra juga bisa memicu dermatitis kontak sehingga bagian puting menjadi gatal. Sebaiknya, gunakanlah bra berbahan lembut yang bisa meminimalkan terjadinya gesekan pada puting payudara serta tidak berkawat agar lebih nyaman.

Beri Kompresan Air Dingin

Beri kompresan air dingin untuk meredakan gatal puting/freepik.com
Beri kompresan air dingin/freepik.com

Biasanya, puting yang gatal akan disertai dengan kemunculan bentolan. Untuk mengatasinya, kamu bisa kompres menggunakan sesuatu yang dingin. Pilihan paling tepatnya adalah menggunakan es batu yang dimasukkan ke dalam kain lalu dikompreskan ke puting payudara. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama beberapa menit hingga rasa gatalnya berkurang.

Oleskan Pelembap

Oleskan pelembap untuk mengatasi payudara yang kering/freepik.com
Oleskan pelembap/freepik.com

Puting yang kering membutuhkan pelembap untuk bisa mengatasinya. Kamu bisa menggunakan pelembap khusus payudara ataupun bisa mengoleskan pelembap berbahan petroelum jelly. Namun dengan catatan, jika kamu sedang menyusui, sebaiknya jangan memilih pelembap dengan kandungan petroelum jelly karena bisa menyebabkan penyumbatan di bagian kelenjar montgomery.  

Hindarilah Paparan Zat Radiatif

Hindari paparan zat radiatif agar puting tidak iritasi dan gatal/freepik.com
Hindari paparan zat radiatif/freepik.com

Hal ini sangat dianjurkan bagi kamu yang kulitnya cenderung sensitif. Cobalah menghindari detergen ataupun sabun yang mengandung bahan kimia keras semisal anti bakteri maupun parfum. Sebaliknya, kamu bisa memilih sabun berlabel hypoallergenic supaya lebih aman dan tidak menimbulkan gatal pada bagian puting payudara.

Bilas Menggunakan Air Garam

Bilas menggunakan air garam untuk mengatasi puting yang terasa kering dan gatal/freepik.com
Bilas menggunakan air garam/freepik.com

Cara yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi puting yang terasa kering. Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu tinggal larutkan sekitar ½ sendok teh garam ke dalam air sebanyak 250 ml. Jika sudah, lanjutkan dengan merendam puting payudara  selama kurang lebih 1 menit.

Selain merendam, kamu juga bisa memilih cara lain yakni menggunakan spray yang diarahkan pada puting payudara. Setelah dilakukan, silakan keringkan dengan tepukan yang lembut.

Teteskan ASI ke Bagian Puting

Teteskan ASI ke bagian puting untuk meredakan rasa gatal yang mendera/freepik.com
Teteskkan ASI ke bagian puting/freepik.com

Hal ini disarankan untuk kamu yang sedang menyusui. Ya, ASI sendiri dapat membantu mengatasi puting yang kering karena mengandung antibakteri alami. Bahkan, tidak hanya masalah puting kering, ASI juga bisa mengatasi masalah lainnya seperti puting terkelupas dan juga luka.

Silakan tadahkan tangan untuk menampung tetesan ASI lalu oleskan ke bagian puting payudara yang kering. Biarkan ASI yang baru diteteskan mengering terlebih dahulu, baru kemudian menggunakan pakaian.  

Hindari Berbagai Hal yang Memicunya

Hindari berbagai hal yang memicunya agar bisa terbebas dari rasa gatal dan kering pada puting/freepik.com
Hindari berbagai hal yang memicunya/freepik.com

Nah, yang terakhir ini sangat penting untuk dilakukan karena berpengaruh cukup signifikan terhadap kondisi puting payudara. Hal pemicu yang dimaksud ialah seperti olahraga, aktivitas seksual dan pakaian.

Memilih jenis olahraga yang pas, bahan pakaian hingga gaya saat berhubungan seksual sangat dianjurkan. Sebaiknya, gunakanlah pakaian berbahan lembut dan lakukan hubungan seksual dengan lebih hati-hati.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id