sign up SIGN UP

Alasan Hasil Tes Swab Covid-19 Bisa Berbeda

Amelia Ayu Kinanti | Jumat, 23 Jul 2021 10:45 WIB
Alasan Hasil Tes Swab Covid-19 Bisa Berbeda
caption
Jakarta -

Di era pandemi ini, tes Covid-19 bisa menjadi rutinitas bagi sebagian orang. Terutama untuk mereka yang masih harus aktif keluar rumah untuk bekerja. Tes swab menjadi salah satu usaha untuk memeriksa kondisi tubuh kita.

Rasa berdebar saat menunggu hasil tes swab juga pasti pernah kamu alami kan Beauties. Seringkali jika hasilnya 'positif' banyak yang mengulang tesnya di tempat lain. Alasannya tentu mendapatkan opsi atau second opinion. Nah tapi tak jarang, beda tempat tes, hasilnya pun berbeda.

Jangan Dibandingkan

Dikutip dari CNN Indonesia. Erlang Samoedra, ahli pulmonologi mengatakan bahwa kamu sebenarnya tak bisa membandingkan hasil tes satu dengan yang lain, apalagi jika memang tes tersebut dilakukan di tempat berbeda, oleh orang yang berbeda pula.

"Jangan [tes di laboratorium berbeda] nanti hasilnya beda-beda. Kalau mau dibandingkan hasil[lakukan tes di] laboratorium yang sama," kata Erlang lewat pesan singkat pada CNNIndonesia.com.

Lebih lanjut Ayu Putri Susanti, Kepala Unit Laboratorium Mayapada Hospital Kuningan, Jakarta, juga menyampaikan hal yang senada. Menurutnya sebuah tes yang dilakukan di tempat berbeda tak bisa dibandingkan, karena ada kemungkinan teknik yang dipakai pun berbeda.

"Hasil PCR tidak bisa dibandingkan dengan rumah sakit lain, kenapa karena kita tidak tahu, alat dan reagen apa yg dipakai."

Ayu juga menambahkan, tes juga bisa berbeda hasil jika waktu tesnya berbeda, walau hanya selisih satu hari saja.

"Setiap harinya kondisi orang akan berubah sih secara logika tergantung imun seseorang. Beda jam aja bisa beda hasil sebenarnya."

Lalu apakah boleh melakukan tes swab ulang? Baca jawabannya di sini.

(ayk/ayk)

Our Sister Site

mommyasia.id