sign up SIGN UP

LIFE

Berat Badan Stuck Saat Diet? Berikut 4 Cara Mengatasinya!

Lifia Mawaddah | Sabtu, 09 May 2020 10:00 WIB
Berat Badan Stuck Saat Diet? Berikut 4 Cara Mengatasinya!
caption
Pernahkah kamu mengalami berat badan yang mandek saat sedang menjalani program penurunan berat badan? Padahal rasanya kamu sudah melakukan olahraga dan defisit kalori. Kondisi diet yang mandek ini dinamakan plateau. Nah, kalau kamu mengalaminya jangan menyerah dulu ya Beautynesian! Berikut 4 cara yang bisa kamu lakukan agar berat badan enggak stuck.

Mengukur Makanan dengan Tepat


Penyebab utama diet yang kamu alami menjadi plateau adalah salah mengukur makanan. Misalnya dalam satu hari kamu hanya boleh mengonsumsi 250 gram daging ayam, jika kamu mengonsumsi berlebihan menjadi 350 gram kemungkinan terjadi kesalahan akan besar. Akhirnya, kamu pun akan mengalami kondisi plateau. Jika sejak awal kamu melakukan diet dengan perhitungan kalori dan makro nutrisi, jangan menebak kalori dari makanan tanpa mengukurnya secara langsung ya.


Foto: Istimewa


 


Sistem Zigzag Kalori


Sebenarnya, tubuh kita diciptakan fleksibel dan mampu menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Jadi, kita harus menipu tubuh agar enggak menyesuaikan dengan satu kondisi saja. Kamu bisa melakukan zigzag kalori ini untuk mengakalinya. Pada hari yang aktif seperti ada jadwal olahraga, kamu bisa menambah kalorinya. Sementara jika di hari santai, kamu bisa menurunkan jumlah kalori yang kamu makan. Melakukan zigzag kalori ini akan membuat tubuh selalu memiliki metabolisme yang besar.



Foto: Istimewa


 


Variasikan Olahraga


Agar berat badanmu enggak stuck, cobalah untuk memvariasikan olahraga yang kamu lakukan. Sebab, terkadang tubuh merasa jenuh dengan satu jenis olahraga yang diulang-ulang selama beberapa bulan. Jika kamu biasa melakukan olahraga cardio, cobalah untuk melakukan olahraga angkat beban juga. Selain memvariasikan olahraga, tingkatkan pula intensitasnya agar tubuh terus melakukan adaptasi dan metabolisme berjalan dengan lancar.


Foto: Istimewa


 


Siapkan Mental


Bukan hanya kekuatan fisik saja yang dibutuhkan saat ingin diet. Kesiapan mental juga perlu kamu siapkan lho, Beautynesian. Saat kamu sedang menjalani program untuk menurunkan berat badan, usahakan untuk tetap fokus dan enggak gampang tergoda dengan metode diet lain. Sebab, semua jenis diet memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, enggak semua cocok untuk satu orang. Jadi, pilihlah metode dietmu dengan tepat sebelum memulainya. Sehingga diet yang kamu lakukan juga akan lebih lancar.


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id