sign up SIGN UP

LIFE

Biar Lebaran Gak Drop, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh!

Dyah Na | Jumat, 22 May 2020 09:00 WIB
Biar Lebaran Gak Drop, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh!
caption
Badan kita bisa drop karena terlalu banyak konsumsi makanan saat Lebaran. Agar tetap sehat, 5 tips ini bisa kamu coba.

Ladies, lebaran di tengah masa pandemi pastinya jadi hal yang enggak biasa buat kamu. Selain enggak bisa merayakan bersama keluarga di kampung halaman karena adanya larangan mudik, kamu juga terhalang tidak bisa bersilaturahmi ke tetangganya karena masih dalam PSBB.
 
Tapi ada hal yang kemungkinan besar enggak berubah saat lebaran tahun ini, yaitu kita akan makan segala macam yang kita mau. Enggak heran sih, setelah puasa sebulan penuh, kita akan merasa membutuhkan self-rewards melalui makanan yang bisa disantap ketika lebaran tiba. Tahu enggak, ternyata fenomena ini malah bisa membuat badan kita drop.
 
Menurut Puteri Aisyaffa, Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, kalap makan di perayaan idul fitri justru bisa membuat sistem pencernaan kita shock. “Selama sebulan kan tubuh kita sudah terbiasa dengan ritme jam makan tertentu, nah kalau kita pas lebaran makannya tidak terkontrol, tubuh kita akan berusaha menyeimbangkan ke ritme makan yang berbeda. Ini bisa mempengaruhi kenaikan asam lambung secara mendadak, walaupun orang itu tidak punya riwayat penyakit lambung sebelumnya,” ucapnya.
 
Tapi tenang aja Ladies, untuk menghindari badan drop saat lebaran, Aisya memberikan beberapa tips nutrisi yang bisa diterapkan, berikut di antaranya:
 
Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Kue Kering Saat Perut Kosong

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa


Ternyata, hampir semua kue kering memakai margarin atau mentega yang mengandung lemak trans. Ini merupakan salah satu lemak jahat yang bisa mempengaruhi kenaikan asam lambung dan jangka panjangnya pada kadar kolesterol jahat.
 
Hindari Makanan Berlemak
 

Foto: Istimewa



Makanan berlemak seperti gulai, gorengan, jeroan dan lain-lain bukan cuma meningkatkan berat badan, tapi jangka pendeknya dapat menyebabkan resiko penyakit lambung. Pada beberapa kasus juga mempengaruhi peningkatan tekanan darah yang sangat cepat.
 
Kurangi Minuman Manis yang Berlebihan
 


Foto: Istimewa


Minuman dengan gula buatan tambahan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Enggak heran kalau hal ini bisa membuat badan lebih cepat lemas, karena kadar gula darah tidak stabil. 

Sebaiknya Konsumsi Air Putih Sebelum Makan
 

Foto: Istimewa

Bukan rahasia kalau air putih sangat bagus sebagai ‘kendaraan’ untuk mengeluarkan limbah dan racun dari dalam tubuh. Selain itu, air putih juga berfungsi untuk membawa nutrisi dalam sistem peredaran darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, dianjurkan untuk minum air putih 1,5-2 liter sehari.

Perbanyak Nutrisi Dari Sayur, Buah dan Tambahan Multivitamin
 

Foto: Istimewa

Selain kaya dengan kandungan vitamin dan mineral, sayur dan buah juga tinggi dengan serat. Semua kandungan baik ini sangat bagus untuk keseluruhan sistem tubuh kita. Untuk yang belum bisa memenuhi secara maksimal bahan makanan ini, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi tambahan multivitamin seperti YOUVIT gummy multivitamin. Karena kandungannya lengkap dan seimbang dengan 10 vitamin dan 2 mineral penting.

 
Nah itu tadi tips agar badan kamu enggak ngedrop saat Lebaran. Tetap jaga kesehatan dengan pola hidup dan konsumsi gizi seimbang ya, Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id