sign up SIGN UP

Bill Gates Beberkan 'Kunci Rahasia' Agar Pandemi Covid-19 Bisa Cepat Usai

Rini Apriliani | Jumat, 24 Sep 2021 09:16 WIB
Bill Gates Beberkan 'Kunci Rahasia' Agar Pandemi Covid-19 Bisa Cepat Usai
caption
Jakarta -

Tak terasa sudah lebih dari satu tahun lamanya kita berjuang melawan pandemi Covid-19 ya, Beauties. Bukan hanya Indonesia saja yang berjuang, tapi hampir seluruh dunia pun turut melakukannya.

Berbagai cara telah dilakukan, namun pandemi masih saja belum usai. Dalam blog Gates Notes, Pendiri Microsoft, Bill Gates membeberkan cara terbaik untuk menyelesaikan Covid-19 yang menjadi permasalahan bersama.

Dalam konferensi Majelis Umum PBB, ia mengatakan ada tiga cara yang bisa dilakukan oleh semua orang untuk membantu agar pandemi ini cepat selesai. Satu hal yang selalu dibutuhkan, yaitu komitmen terhadap kesetaraan.

FILE - In this Feb. 9, 2019, file photo, Bill Gates, chairman of the Bill & Melinda Gates Foundation, attends the Bill Gates/ Foto: AP/Samuel Habtab

Bill Gates melihat kehebatan luar biasa yang terjadi dalam satu setengah tahun ini, dimana adanya terobosan ilmiah dengan kehadiran vaksin aman dan efektif yang dikembangkan dalam waktu singkat, kerja sama multilateral yang luar biasa, hingga aksi heroik tenaga kesehatan dan pemerintahan. 

Namun sayangnya, kehadiran vaksin yang hebat ini tidak tersebar secara merata. Selain itu sempat terjadinya kekurangan dan pasokan yang berakhir, membuat pemulihan yang sedang dilakukan menjadi terhenti. 

Untuk beberapa bulan mendatang, ada tiga hal yang penting dilakukan oleh semua orang. Bukan tanpa alasan, tentu saja upaya ini dilakukan untuk menghentikan pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama 18 bulan ini.

1. Melakukan Vaksinasi Sekarang

Amankah minum kopi setelah vaksinasi Covid-19? Berikut penjelasan para ahli.Melakukan Vaksinasi Sekarang/ Foto: iStock

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan vaksinasi sekarang. Menurut Bill Gates, Pemerintah dan sektor swasta harus bekerja sama untuk membangun sistem yang lebih transparan untuk mempercepat pasokan vaksin global.

Kekurangan vaksin ini menjadi masalah utama di paruh pertama tahun ini. Maka dari itu, agar pandemi cepat teratasi, penting sekali untuk menyediakan dan memasok vaksin global. 

Baru-baru ini 41 juta dosis per hari telah didistribusikan secara global. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang selalu mendapatkan pasokan vaksin dari luar negeri.

2. Mencegah Penyebaran Virus

Pandemi Covid-19Mencegah Penyebaran Virus/ Foto: Freepik.com

Selain melakukan vaksinasi dan penyebaran vaksin secara global, kita juga perlu untuk mencegah terjadinya penyebaran virus. Jika berbagai negara menerapkan hal ini, maka akan membantu kita semua untuk keluar dari krisis Covid-19.

Untuk membantu mengurangi tersebarnya varian baru ke berbagai negara lain, maka dunia harus berinvestasi dalam pengujian cepat, sistem untuk berbagi urutan genetik, dan mekanisme untuk memberikan keahlian dan komoditas, seperti halnya oksigen, APD, dan obat-obatan yang dibutuhkan untuk menyelamatkan banyak jiwa.

3. Mengkoordinasikan Respons Global

Pandemi Covid-19Mengkoordinasikan Respons Global/ Foto: Freepik.com/DCStudio

Terakhir ada mengkoordinasikan respons global. Pendirian Access to Covid-19 Tools Accelerator (ACT-A) pada awal 2020 merupakan tonggak sejarah. Mulai dari pemerintah, organisasi internasional, dan sektor swasta bersatu dalam menanggapi krisis Covid-19.

"Kami sekarang membutuhkan semua pemerintah untuk menunjuk pemimpin global Covid-19, melapor kepada kepala negara, dan agar arahan ini bersidang secara teratur hingga tahun 2022," ujar Bill Gates, seperti yang dikutip dari Gates Notes, Kamis (23/9).

Beauties, itu dia 'kunci rahasia' dari Bill Gates untuk melawan pandemi Covid-19 saat ini. Tidak mudah memang, namun jika dilakukan bersama-sama krisis ini bisa teratasi.

Saat ini di Indonesia telah tersedia beberapa varian vaksin. Mulai dari Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, Novavax, dan ada juga vaksin Janssen yang sudah mulai akan didistribusikan. Dari beberapa varian tersebut tentu memiliki efektifitas yang berbeda-beda. 

Terpenting, kamu tidak lupa untuk melakukan vaksinasi dan terus berusaha menjaga protokol kesehatan dengan baik dan benar. Sebab, jika sehat bukan hanya kamu saja yang diuntungkan, tapi semua orang ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id