sign up SIGN UP

LIFE

Bisa Jadi Masalah Kesehatan Kalau Tidak Cukup, Begini Cara Efektif Dapatkan Vitamin D!

Marissa Fenyapwain | Selasa, 12 May 2020 04:00 WIB
Bisa Jadi Masalah Kesehatan Kalau Tidak Cukup, Begini Cara Efektif Dapatkan Vitamin D!
caption
Yakin kebutuhan vitamin D-mu terpenuhi? Biar enggak menyebabkan masalah bagi kesehatan, yuk ketahui cara efektif mendapatkan vitamin D di sini!

Vitamin D memiliki peran yang penting dalam mengatur kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah, Ladies. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan penyakit rakhitis, yakni kondisi kelainan bentuk tulang dan pembentukan tulang rawan yang juga bisa memengaruhi banyak organ di dalam tubuh, termasuk tulang dan gigi.

Lantas, bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin D? Berikut informasinya!

1. Sinar Matahari Pagi


Foto: https://pegipegi.com

Jumlah vitamin D terbesar yang bisa diserap tubuh berasal dari sinar matahari pagi. Tubuh akan menyerap sinar menggunakan kolesterol, lalu mengubahnya jadi vitamin.

Kamu bisa mendapatkan vitamin D cukup dengan berjemur selama 15 menit pada jam 10-11 pagi. Kamu bisa melakukannya dibarengi dengan aktivitas fisik seperti berjalan kaki. Jika belum terbiasa berjemur selama 15 menit, mulailah dengan 5 menit hingga kamu terbiasa menerima sinar matahari.
 


2. Konsumsi Ikan


Foto: https://yabai.com

Ikan yang mengandung lemak baik seperti salmon, tuna, mackerel, kod dan sarden merupakan makanan yang mengandung vitamin D. Satu potong salmon seberat tiga ons yang sudah dimasak dapat menyediakan hampir 200 persen kebutuhan harian vitamin D.

Satu sendok teh minyak hati ikan kod dapat mencukupi 75 persen kebutuhan harian vitamin D yang disarankan. Sementara satu potong filet ikan haring yang dimasak kering telah memenuhi 51 persen kebutuhan harian vitamin D tubuh.
 



3. Mengatur Makanan


Foto: https://mashed.com

Selain berjemur dan konsumsi ikan, untuk memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh kamu juga harus memperhatikan apa yang kamu makan dengan mengaturnya. Tambahan vitamin D bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jus jeruk.

Selain itu, sereal juga salah satu contoh makanan sehat yang kaya akan vitamin D. Kuning telur juga kaya akan vitamin D. Dalam kuning telur juga mengandung vitamin A.
 


4. Minum Suplemen


Foto: https://gonutrients.com

Saat ini, kebanyakan orang punya pekerjaan dengan mobilisasi tinggi sehingga terkadang sulit untuk mengatur makanan. Nah, solusinya adalah dengan mengonsumsi suplemen. Suplemen adalah cara praktis untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, Ladies. Meskipun memang lebih baik mengonsumsi makanan sehat, namun suplemen masih bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D tubuhmu.


5. Ubah Pola Hidup


Foto: https://belindakirkpatrick.com

Gaya hidup yang baik bisa mencegah banyak penyakit. Gaya hidup sehat akan berpengaruh pada penyebaran vitamin D dalam tubuh.

Ubahlah kebiasaan yang menyebabkan berkurangnya cadangan vitamin D tubuh. Misalnya merokok dan konsumsi alkohol berlebihan. Hal ini bertujuan bukan hanya untuk penyebaran vitamin D, tapi juga agar metabolisme tubuh membaik.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id