sign up SIGN UP

Bosan dengan Olahraga yang Itu-Itu Saja? Ayo Lakukan 7 Aktivitas Ini Agar Tetap Sehat!

Anastasia Martina | Minggu, 08 Nov 2020 18:00 WIB
Bosan dengan Olahraga yang Itu-Itu Saja? Ayo Lakukan 7 Aktivitas Ini Agar Tetap Sehat!
caption
Jakarta -

Sudah tak dipungkiri lagi bahwa kegiatan olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan. Dengan berolahraga secara rutin, tubuh akan terbebas dari penyakit seperti jantung, diabetes, dan lainnya. Rutin berolahraga juga mampu membuat perasaan jadi lebih baik. Olahraga bisa jadi alternatif mood booster yang dapat mengurangi stress.

Namun, gerakan olahraga yang itu-itu saja bisa membuat sesi olahraga jadi membosankan. Kemudian, rasa jenuh pun datang dan akhirnya malas berolahraga. Akibatnya, jadi sulit untuk kembali membangun kebiasaan berolahraga.

Nah, kali ini ada 7 referensi aktivitas yang bisa dijadikan alternatif pengganti olahraga. Aktivitas ini mudah dilakukan dan murah pula. Tubuh pun sehat, hati juga riang. Yuk, kita cek sama-sama!

Berjalan Kaki

Berjalan kaki
berjalan kaki/photo by Arek Adeoye on Unsplash

Jenis olahraga ini merupakan aktivitas yang mudah dan murah. Yang kamu perlukan hanya dirimu sendiri dan sepasang sepatu yang nyaman. Rutin berjalan kaki dapat menguatkan tulang dan sendi.

Selain itu, aktivitas ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan menurunkan tekanan darah. Berjalan kaki juga bisa jadi pilihan untuk refreshing setelah merasa penat karena rutinitas sehari-hari.

Menari

menari
menari/photo by danielle cerullo on Unsplash

Aktivitas alternatif berikutnya yaitu menari. Aktivitas yang satu ini bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Di antaranya untuk menguatkan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meredakan stress.

Asyiknya lagi, menari tidak perlu alat khusus. Kamu bisa menari dengan bantuan tutorial video dance exercise di Youtube atau putar lagu kesukaanmu dan menarilah sepuasnya.

Berkebun

berkebun
berkebun/photo by NeONbrand on Unsplash

Masa PSBB seperti saat ini membuat kegiatan berkebun kembali populer. Berkebun bisa jadi sarana untuk olahraga karena aktivitas seperti menggali tanah dan memberi pupuk turut melibatkan kerja otot tubuh.

Kemudian, berkebun dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena selama berkebun, tubuh akan terpapar sinar UV yang baik untuk sistem imun. Aktivitas berkebun juga bisa dijadikan momen bonding bersama keluarga jika dikerjakan beramai-ramai.

Memanfaatkan Gym Ball Sebagai Pengganti Kursi Kerja

gym ball
gym ball/photo by Mr Lee on Unsplash

Pekerjaan sering kali menuntut kita untuk duduk dalam waktu yang lama. Padahal, duduk terlalu lama tidak baik bagi kesehatan, lho! Duduk terlalu lama bisa menimbulkan masalah seperti, sakit punggung, diabetes, dan perut buncit.

Oleh karenanya, gantilah kursi kerjamu dengan gym ball. Gym ball bisa membantu melatih otot inti, melatih keseimbangan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Bermain Hula Hoop

bermain hula hoop
bermain hula hoop/photo by patricia prudente on Unsplash

Aktivitas alternatif pengganti olahraga berikut ini nggak kalah asyik, nih! Hula hoop nggak hanya bisa dimainkan oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa. Bermain hula hoop memiliki segudang manfaat seperti, melatih kardiovaskular, melatih otot inti, dan mencegah sakit punggung. Untuk pemula, sebaiknya pilih hula hoop yang berbobot ringan.

Bermain Lompat Tali

bermain lompat tali
bermain lompat tali/photo by element5 digital on Unsplash

Siapa yang waktu kecilnya suka bermain lompat tali? Ternyata, permainan yang sering dimainkan anak-anak ini bisa dijadikan alternatif untuk olahraga kardio, lho. Bermain lompat tali mampu membakar kalori dan melatih koordinasi tubuh. Alatnya pun mudah didapat di mana saja.

Barre Workout

barre workout
barre workout/apkpure.com

Barre workout identik dengan tari balet. Yup, gerakan-gerakan dalam barre workout memang terinspirasi dari tarian balet. Lalu, olahraga yang satu ini juga menggabungkan gerakan pilates dan yoga.

Barre workout bermanfaat untuk keseimbangan tubuh dan mengencangkan beberapa bagian otot seperti, paha, pinggul, dan bokong. Tak hanya itu, berlatih dengan barre juga mampu memperbaiki postur tubuh. Gerakan yang low impact dan tenang membuat barre workout ini bisa dilakukan oleh semua usia.

Kira-kira apa nih olahraga favorit Ladies?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id