sign up SIGN UP

LIFE

Buat Kamu yang Sering Menahan Lapar, Awas Efek Samping Ini!

Ade Irma Suryani | Senin, 07 Sep 2020 21:00 WIB
Buat Kamu yang Sering Menahan Lapar, Awas Efek Samping Ini!
caption
Jakarta -

Saat ini, begitu banyak orang yang terbiasa untuk sering menahan lapar atau melewatkan waktu makannya karena kesibukan atau program diet. Padahal sering menahan lapar karena kesibukan pekerjaan atau cara diet yang salah, bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan tubuh. Berikut efek samping yang bisa ditimbulkan karena sering menahan lapar.

 

1. Metabolisme Tubuh Terganggu

Sering menahan lapar bisa membuat terganggunya metabolisme tubuh.
Metabolisme Tubuh Terganggu/Freepik.com

Salah satu dampak buruk yang bisa ditimbulkan karena sering menahan lapar adalah terganggunya sistem metabolisme tubuh atau membuatnya menjadi lebih lambat. Nah, jika hal ini terjadi tentu saja bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh lho, seperti terganggunya sistem daya tahan tubuh dan lain sebagainya. 


 

2. Masalah Malnutrisi

Terbiasa menahan lapar bisa menyebabkan malnutrisi.
Masalah Malnutrisi/Freepik.com 

Masalah malnutrisi memang banyak terjadi di negara-negara miskin. Namun, kebiasaan menahan lapar atau sering melewatkan waktu makan bisa saja menyebabkan masalah malnutrisi. Kurangnya asupan zat gizi dalam tubuh tentunya tidak bisa diremehkan, karena hal ini bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan tubuh. Orang yang mengalami malnutrisi bisa kekurangan vitamin A, sehingga mengalami kesulitan dalam melihat cahaya gelap atau redup. Tak hanya itu, masalah malnutrisi bisa membuat seseorang kekurangan zat besi, vitamin C dan antioksidan, sehingga hal ini bisa menyebabkan anemia dan terganggunya sistem imunitas.

 

3. Berpengaruh pada Kinerja Otak

Dampak buruk sering menahan lapar juga berpengaruh pada kinerja otak.
Berpengaruh pada Kinerja Otak/Freepik.com

Ketika menunda makan dan tubuh merasa kelaparan, hal ini tentunya akan membuat tubuh merasa kelelahan sehingga juga berpengaruh pada kinerja otak. Ketika kondisi ini terjadi, maka seseorang bisa merasa pusing dan kesulitan untuk fokus. Selain itu, hal ini juga membuat seseorang menjadi mudah mengalami stres. 

 

4. Gangguan Elektrolit

Sering menahan lapar juga bisa menyebabkan gangguan elektrolit.
Gangguan Elektrolit/Freepik.com

Sering melewatkan waktu makan hingga kelaparan bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hal ini lantaran tubuh menjadi kehilangan nutrisi penting, seperti mineral kalsium, potasium, sodium dan magnesium. Nah, ketika keseimbangan elektrolit menjadi terganggu, maka hal ini bisa menyebabkan masalah serius bagi organ-organ tubuh seperti ginjal dan lain sebagainya. 

 

5. Masalah Kesehatan Tulang

Sering menahan lapar juga bisa menyebabkan masalah kepadatan tulang
Masalah Kesehatan Tulang/Freepik.com

Kebiasaan sering menahan lapar dapat membuat asupan nutrisi ke tubuh menjadi berkurang, sehingga hal ini juga bisa berdampak pada masalah kesehatan tulang, lho! Kondisi ini bisa saja menyebabkan kepadatan tulang menjadi menurun dan bisa beresiko mengalami osteoporosis. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id