sign up SIGN UP

LIFE

Buat Pekerja Shift Malam, Lakukan 7 Tips Ini Agar Tubuh Tetap Sehat

Ade Irma Suryani | Selasa, 21 Jul 2020 22:00 WIB
Buat Pekerja Shift Malam, Lakukan 7 Tips Ini Agar Tubuh Tetap Sehat
caption
Jakarta -

Beberapa jenis pekerjaan tertentu seperti perawat, dokter, pramugari, pilot, dan sebagainya dituntut untuk dapat bekerja shift malam. Pekerjaan semacam ini justru bisa membuat pola hidup menjadi tidak sehat, sehingga kerap menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit selama bekerja di malam hari. Berikut ini, ada beberapa tips kesehatan yang harus dilakukan buat para pekerja shift malam.

 

1. Jaga Pola Makan Tetap Sehat dan Teratur

Pola makan yang tetap sehat dan teratur akan membantu tubuh untuk tetap sehat selama kerja shift malam.
Jaga Pola Makan Tetap Sehat dan Teratur/Foto: Freepik.com

Bekerja shift malam memang kerap membuat pola makan seseorang menjadi tidak teratur. Padahal pola makan yang sehat dan teratur sangat berperan penting dalam menjaga tubuh tetap sehat selama bekerja shift malamUsahakan untuk tetap makan 3 kali sehari dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Perbanyaklah asupan sayur dan buah agar dapat menjaga daya tahan tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. 

 


2. Perbanyak Konsumsi Air Putih Saat Bekerja

Perbanyak mengonsumsi air putih saat bekerja agar tetap fokus dan semangat menjalani kerja shift malam.
Perbanyak Konsumsi Air Putih Saat Bekerja/Foto: Freepik.com

Bekerja di malam hari sangat memerlukan tubuh yang tetap bugar dan semangat. Untuk itulah, disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi air putih saat bekerja. Kebutuhan air putih yang tercukupi sangat penting agar tubuh tetap terhidrasi dan bisa fokus dalam bekerja.

 

3. Membawa Cemilan Sehat

Membawa cemilan sehat dapat mencegah dari keinginan untuk jajan makanan yang kurang sehat.
Membawa Cemilan Sehat/Foto: Freepik.com   

Sebelum berangkat kerja, persiapkanlah cemilan sehat untuk dibawa ke kantor. Cemilan sehat tersebut bisa berupa kacang-kacangan, buah-buahan, salad atau sebagainya. Dengan mengonsumsi cemilan yang sehat tentunya akan lebih mengenyangkan dan terhindar dari keinginan jajan makanan yang tidak sehat. 

 

4. Hindari Konsumsi Kopi Secara Berlebihan

Mengonsumsi kopi secara berlebihan saat kerja shift malam hanya akan menambah masalah.
Hindari Konsumsi Kopi Secara Berlebihan/Foto: Freepik.com

Mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi mungkin akan sangat membantu untuk pekerjaan shift malamNamun, mengonsumsinya secara berlebihan justru dapat menimbulkan masalah pencernaan, kejang otot, dan lain sebagainya. Karena itulah, jangan mengonsumsi kopi lebih dari 400 miligram per hari atau kira-kira 4 cangkir kopi. Selain itu, minum kopi juga harus dihentikan sekitar 6 jam sebelum tidur.

 

5. Sempatkan untuk Berolahraga

Berolahraga akan membuat tubuh tetap semangat untuk bekerja di malam hari.
Sempatkan untuk Berolahraga/Foto: Freepik.com     

Meskipun harus bekerja di malam hari dan tidur di siang hari, bukan berarti olahraga harus dikesampingkan. Usahakan untuk tetap menyempatkan diri berolahraga setelah bangun tidur atau di sore hari. Tak harus melakukan olahraga yang berat, sekedar berjalan santai, jogging, atau bersepeda bisa dilakukan. 

 

6. Tetap Cukupi Kebutuhan Tidur

Mencukupi kebutuhan tidur sangat penting, agar badan tetap fit.
Tetap Cukupi Kebutuhan Tidur/Foto: Freepik.com

Pekerjaan shift malam memang mengharuskan seseorang untuk tetap terjaga sepanjang malam tanpa tidur. Karena itulah, hal ini kerap menimbulkan masalah kesehatan bagi para pekerja shift malam. Maka karena itu, untuk membuat tubuh tetap sehat dan fit, usahakan untuk tetap mencukupi kebutuhan tidur yang kurang dari 8 jam. Tak perlu sampai harus tidur panjang, waktu tidur tersebut pun juga bisa dibagi dua kali. 

 

7. Periksa Kesehatan

Cek kesehatan untuk memeriksakan diri akibat bekerja shift malam.
Periksa Kesehatan/Foto: Freepik.com 

Pekerjaan malam hari memang kerap membuat pola hidup menjadi tidak sehat, sehingga bisa menimbulkan resiko berbagai penyakit. Karena itu, cobalah untuk memeriksakan kesehatan diri setiap bulan. Hal ini penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui apakah selama ini ada masalah dengan kesehatan yang berkaitan dengan aktivitas kerja malam itu sendiri. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id