sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Karna Cuaca, Ini 4 Penyebab Kaki dan Tangan Sering Merasa Dingin

Lifia Mawaddah Putri | Kamis, 15 Oct 2020 15:30 WIB
Bukan Karna Cuaca, Ini 4 Penyebab Kaki dan Tangan Sering Merasa Dingin
caption
Jakarta -

Pernahkah kamu merasa tangan dan kakimu terasa dingin? Kondisi ini bukan hanya terjadi karena cuaca saja lho! Tapi, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kaki dan tanganmu menjadi dingin. Jika kamu sering mengalami hal ini, coba cek beberapa kondisi di bawah ini. Mungkin saja kamu sedang mengalami salah satunya.

Anemia

 

Kondisi pertama yang dapat menyebabkan kaki dan tanganmu terasa dingin adalah ketika kamu mengalami anemia.
Anemia/freepik.com

Anemia adalah kondisi ketika seseorang kekurangan sel darah merah. Kondisi ini umumnya disebabkan karena kekurangan zat besi yang membuat sel darah merah tidak memiliki cukup hemoglobin untuk membawa oksigen menuju paru-paru ke seluruh tubuh. Sehingga, kondisi ini pun dapat menyebabkan tangan dan kakimu menjadi dingin.

Kekurangan Vitamin B-12

Selain anemia, kekurangan vitamin B-12 juga dapat menyebabkan gejala neurologis. Misalnya saja seperti tangan dan kaki terasa dingin, mati rasa, atau kesemutan.
Kekurangan Vitamin B-12/freepik.com

Selain anemia, kekurangan vitamin B-12 juga dapat menyebabkan gejala neurologis. Misalnya saja seperti tangan dan kaki terasa dingin, mati rasa, atau kesemutan. Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B-12 seperti daging atau produk susu. Alasannya karena vitamin B-12 sangat penting untuk menjaga kesehatan sel darah merah dalam tubuhmu. Kekurangan vitamin B-12 juga bisa membuatmu merasa kelelahan, masalah gerakan dan keseimbangan, kulit pucat, sesak napas, sariawan serta masalah kognitif.

Stres

Ketika kamu sedang merasa cemas atau stres, hal ini juga dapat memicu tangan dan kakimu terasa dingin.
Stres/freepik.com

Ketika kamu sedang merasa cemas atau stres, hal ini juga dapat memicu tangan dan kakimu terasa dingin. Sebab, tubuh akan memompa adrenalin ke dalam aliran darah saat kita sedang stres atau gugup. Saat hal ini terjadi, adrenalin menyebabkan pembuluh darah perifer mengerut, yang menurunkan aliran darah ke area terluar tubuh. Jika terjadi terus menerus, respon perlindungan ini mungkin akan berbahaya. Jadi sebaiknya kamu harus mampu mengelola stres ataupun rasa cemas untuk mengurangi kondisi ini.

Diabetes Miletus

Seseorang yang mengalami diabetes umumnya juga mengalami masalah sirkulasi. Misalnya saja seperti tangan yang terasa dingin.
Diabetes Miletus/freepik.com

Seseorang yang mengalami diabetes umumnya juga mengalami masalah sirkulasi. Misalnya saja seperti tangan yang terasa dingin. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga menyebabkan penyempitan arteri dan berkurangnya suplai darah ke jaringan. Seseorang yang memiliki kadar tidak terkontrol dalam waktu yang lama juga biasanya mengalami kerusakan saraf. Gejala yang dialami seperti kesemutan, mati rasa, atau nyeri terbakar di kaki dan tungkai.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id