sign up SIGN UP

Cara Agar Lepas dari Overthinking dan Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Diyah Wulandini | Kamis, 15 Jul 2021 22:30 WIB
Kiat Bisa Tidur Nyenyak Berikutnya,

Kiat Bisa Tidur Nyenyak Berikutnya,

Lakukan Relaksasi

Relaksasi untuk meredakan overthinking dapat dilakukan seorang diri, baik dengan pernapasan atau mendengarkan musik.
Mendengarkan musik merupakan sarana relaksasi untuk meredakan overthinking/foto: freepik.com/kroshka__nastya

Sebelum pergi tidur, kamu bisa melakukan relaksasi agar overthinking tidak terus menerus mengganggu. Selain melakukan bersama tenaga profesional, relaksasi juga bisa dilakukan seorang diri. Saat ini sudah banyak aplikasi digital yang membantumu melakukan relaksasi sendiri dari rumah, Beauties.

Mendengarkan musik juga bisa menjadi salah satu kegiatan relaksasi, lho. Kamu bisa memilih irama dengan alunan pelan yang bisa membantu meredakan kerumitan dalam pikiran. Dengarkan lagu sambil berbaring pada tempat tidur sebelum istirahat bisa dicoba.

Mulai Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi overthinking sebelum tidur dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat, seperti olahraga dan mengonsumsi makanan yang tepat.
Cara mengatasi ovethinking sebelum tidur dengan olahraga/foto: freepik.com/jcomp

Pola hidup sehat biasanya menjadi jawaban dari banyak hal, Beauties. Memperbaiki kebiasaan menjadi lebih baik memang sangat membantu untuk mendapatkan hidup lebih berkualitas. Hal sederhana yang sebaiknya tidak kamu tinggalkan adalah mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga.

Olahraga akan membantu meningkatkan hormon kebahagiaan, seperti dopamin, endorfin, dan serotonin. Jadi, tidak heran apabila rasa lelah setelah berolahraga berhasil tergantikan dengan energi positif, akibat perasaan senang. Ketiga hormon tersebut akan membuatmu lebih rileks menjelang istirahat.

Dikutip dari detikHealth, menurut dr Pande Putu Mahendra M GK, SpGK, dokter spesialis gizi dari Indonesia Sport Medicine Centre, mengungkap bahwa porsi makan yang kurang dari kebutuhan bisa menyebabkan seseorang bangun di malam hari dan merupakan kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan.

Bangun di tengah malam ketika perut terasa kosong pun akan mengakibatkan gangguan tidur secara terus menerus. Jam malam yang sunyi itu akhirnya rentan mempertemukanmu lagi dengan perasaan cemas yang datang secara tiba-tiba.


Our Sister Site

mommyasia.id