sign up SIGN UP

LIFE

Cara Agar Mendapatkan Tidur Cukup Saat Ramadan

Rumaysha Milhania | Minggu, 10 May 2020 16:00 WIB
Cara Agar Mendapatkan Tidur Cukup Saat Ramadan
caption
Sering merasa kurang tidur saat Ramadan? Jangan bingung, ini tips mendapatkan tidur yang cukup selama bulan puasa.

Sangat penting bagi tubuh manusia untuk mendapatkan tidur, makanan, dan minuman yang berkualitas baik. Jika ada salah satu yang kurang terpenuhi dengan baik, biasanya kerja tubuh tidak akan menjadi optimal. Bahkan, kurang tidur juga mempengaruhi hormon dalam tubuh yang mengendalikan nafsu makan.

Saat seseorang kekurangan tidur, nafsu makannya meningkat sehingga membuat puasa selama bulan Ramadhan semakin sulit. Namun, jadwal hidup yang berubah karena harus menjalani sahur berdampak pada kurangnya waktu tidur selama Ramadan. Tapi jangan khawatir, simak tips agar mendapatkan tidur cukup saat Ramadan berikut ini.

Melansir dari The National, ada dua hal yang harus diperhatikan saat ingin memenuhi kebutuhan tidur yang ideal, yaitu menjaga kualitas dan kuantitas tidur.


Foto: https://sleepopolis.com/


Perhatikan Kuantitas Tidur

Cobalah untuk mendapatkan jumlah tidur yang sama dalam periode 24 jam. Biasanya, kebanyakan orang akan tidur pada malam hari selama tujuh hingga delapan jam dalam satu waktu tidur. Akan tetapi, selama Ramadhan ini sepertinya itu akan sangat sulit untuk dilakukan. Cobalah untuk menebus tidur malam yang kurang dengan tidur siang. Untuk bisa mendapatkan kuantitas tidur yang cukup, berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan:

        
  • Buat rancangan jadwal harian, termasuk waktu tidur selama Ramadan. Pastikan untuk benar-benar patuh dan disiplin dalam menjalani jadwal tersebut. Kamu bisa menjadwalkan waktu tidur malam, tidur setelah sahur, dan tidur siang sesuai dengan jadwal aktivitas harianmu.
  •     
  • Jika kamu merasa tubuh menjadi lesu dan lemah di siang hari, sempatkan waktu untuk tidur setidaknya 30 menit hingga 1 jam untuk kembali mendapatkan energi.

Foto: https://www.gulfnews.com/


Tingkatkan Kualitas Tidur

Selain menjaga kuantitas tidur selama 24 jam, kamu juga perlu memperhatikan kualitas tidurmu terjaga dengan baik. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur:


        
  • Pastikan lingkungan tidurmu tenang dan gelap. Gunakan penyumbat telinga dan masker mata untuk terhindar dari gangguan luar.
  •     
  • Perhatikan asupan makanan saat berbuka puasa. Hindari mengonsumsi makanan berat yang kaya kalori dan kaya gula saat buka puasa. Jenis makanan seperti ini secara signifikan akan mengganggu kualitas tidur karena tubuh perlu bekerja keras saat kamu tidur untuk mencernanya.
  •     
  • Hindari makanan yang sangat pedas. Ketahui bahwa lambungmu akan menjadi sangat sensitif pasca-puasa. Jika kamu mengonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa, ini dapat berisiko menyebabkan perut bergas dan mulas, hingga akhirnya menyebabkan tidur terganggu di malam hari.
  •     
  • Hindari makanan yang digoreng dan berminyak karena dapat menyebabkan keasaman, yang pada gilirannya menyebabkan gangguan tidur.
  •     
  • Hindari kopi dan produk yang mengandung kafein untuk menghindari tubuh terjaga di saat waktu tidur.

Foto: https://english.alaraby.co.uk/


Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kekurangan tidur di saat Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id