sign up SIGN UP

Cara Atasi Gangguan Kecemasan pada Remaja Agar Tak Mengganggu Aktivitas Harian

tyana | Senin, 12 Jul 2021 17:00 WIB
Cara Atasi Gangguan Kecemasan pada Remaja Agar Tak Mengganggu Aktivitas Harian
caption

Gangguan kecemasan merupakan permasalahan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki rasa khawatir dan cemas secara berlebihan, sehingga dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari.

Gangguan ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak ataupun remaja. Apalagi masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke dewasa sehingga membutuhkan banyak adaptasi. Tidak hanya itu, gangguan kecemasan pada remaja juga dapat disebabkan oleh keturunan, kondisi keluarga, permasalahan ekonomi, kehidupan pertemanan dan juga sosial media.

Gangguan kecemasan itu sendiri bermacam-macam, Beauties. Secara umum, orang yang ahli dalam hal ini dokter dapat menanganinya lewat psikoterapi maupun obat-obatan. Namun selain itu, juga ada cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah maupun mandiri, dan hal ini cukup terbukti bisa mengurangi gangguan kecemasan. Inilah beberapa di antaranya:

Perbanyak Aktivitas Fisik

Dapat Mengganggu Aktivitas! Begini Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan pada Remaja
Olahraga sebagai cara mengatasi gangguan kecemasan pada remaja/ Foto: Freepik

Gangguan kecemasan pada remaja dapat terjadi kapan saja, tetapi seringkali gangguan psikologis ini bahkan muncul saat kita sedang tidak melakukan apapun. Dilansir dari Healthy Harvard, John J. Ratey, MD,  seorang profesor klinis asosiasi psikiatri di Harvard Medical School dan juga ahli neuropsikiatri, mengatakan bahwa memiliki banyak aktivitas dapat membantu mengontrol gejala gangguan kecemasan.

Sebaliknya, sejumlah aktivitas yang kurang dapat memperburuk gejala gangguan kecemasan yang dirasakan. So, stay active, Beauties!

Tidur yang Cukup

Dapat Mengganggu Aktivitas! Begini Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan pada Remaja
Tidur sebagai cara mengatasi gangguan kecemasan pada remaja/Foto: Freepik/drobotdean

Gangguan kecemasan seringkali menyebabkan kesulitan tidur atau insomnia. Sayangnya, kekurangan tidur juga dapat memperburuk gejala dari gangguan kecemasan pada remaja. Untuk itu kita membutuhkan tidur yang cukup untuk mengatasi gangguan kecemasan. Hal ini dikarenakan, tidur dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan juga tubuh lebih berenergi.

Untuk memiliki pola tidur yang teratur ada beberapa kiat yang dapat kita lakukan yaitu membuat jadwal tidur serta mentaatinya, mengatur suhu ruangan, menjauhkan handphone dan laptop sebelum tidur.

Buat Catatan Kecemasan

Dapat Mengganggu Aktivitas! Begini Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan pada Remaja
Menulis sebagai cara mengatasi gangguan kecemasan/Foto: Freepik

Mengetahui penyebab gangguan kecemasan dapat membantu remaja menentukan solusi dalam mengatasinya. Untuk itu, apabila kita masih merasa terlalu sulit untuk menceritakan terhadap orang lain, kita dapat menuliskan tentang apa yang sedang kita cemaskan terlebih dulu. Kegiatan ini yang disebut juga journaling, bisa membantu kita menampung perasaan dari pikiran-pikiran yang kerap mencetus rasa cemas.

Meski begitu, hal ini bukan pengobatan. Karena itu, bila kamu sudah mengalami gangguan cemas secara berlebih, sebaiknya segera konsultasi ke profesional.

Meditasi

Dapat Mengganggu Aktivitas! Begini Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan pada Remaja
Meditasi sebagai cara mengatasi gangguan kecemasan pada remaja/Foto: Freepik

Meditasi adalah teknik relaksasi yang dilakukan dengan cara melatih fokus pikiran yang dikombinasikan dengan latihan pernapasan. Teknik ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh. Tidak hanya kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental. Dilansir dari penelitian dari John Hopkins, melakukan meditasi selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi kecemasan dan juga antidepresi. 

Konsumsi Makanan yang Sehat

Dapat Mengganggu Aktivitas! Begini Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan pada Remaja
Makanan sehat sebagai cara mengatasi gangguan kecemasan/Foto: Freepik/senivpetro

'Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat', peribahasa tersebut mengajarkan kita bahwa menjaga kesehatan tubuh, sama halnya menjaga pikiran dan perasaan kita tetap positif. Tidak hanya itu, konsumsi makanan yang tidak sehat seperti terlalu banyak gula, minyak ataupun garam dapat mempengaruhi kondisi tubuh kita menjadi cepat lelah.

Sebaliknya juga, kekurangan gula darah, minum air putih dan juga kalori dapat menyebabkan perubahan suasana hati menjadi negatif.

Yuk, mulai ubah pola makan menjadi lebih sehat untuk mengurangi gejala gangguan kecemasan.

 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id