sign up SIGN UP

Cegah Sakit Punggung Selama WFH dengan 4 Cara Ini

Hijria Khatimi | Kamis, 08 Jul 2021 21:15 WIB
Cegah Sakit Punggung Selama WFH dengan 4 Cara Ini

WFH atau work from home membuat kamu yang terbiasa bekerja di kantor, harus menyesuaikan diri dengan suasana kerja yang berbeda. Saat bekerja dari kantor, biasanya sudah disediakan perlengkapan seperti meja dan kursi yang nyaman. Sementara saat WFH, beberapa di antara kamu mungkin bekerja dengan perlengkapan yang tidak senyaman milik kantor. Kondisi ini menyebabkan beberapa masalah kesehatan salah satunya sakit punggung.

Kalau sudah mengalami sakit punggung, pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari pasti jadi tidak maksimal. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mencoba 4 cara cegah sakit punggung saat WFH berikut ini.

Sediakan Meja dan Kursi yang Nyaman

Meja dan kursi yang nyaman cegah sakit punggung
Meja dan kursi yang nyaman bisa cegah sakit punggung/Foto: Unsplash/Tina Witherspoon

Meski akan membuat kamu merogoh kocek lebih dalam, cara satu ini merupakan investasi untuk kesehatan punggung kamu. Dilansir dari The Guardian, William Davis yang merupakan seorang konsultan rehabilitasi, menyarankan beberapa kriteria yang bisa kamu pertimbangkan.

Kursi yang ideal adalah yang memiliki kemampuan untuk diatur tinggi rendahnya. Namun kalau kamu belum bisa mendapatkannya, kursi biasa pun tak masalah asalkan memiliki sandaran untuk menopang punggungmu dengan baik. Kemudian untuk meja, sebaiknya pilih meja yang tidak terlalu tinggi sehingga bisa menopang siku saat mengetik.


Atur Komputer dengan Posisi yang Tepat

Posisi komputer yang tepat untuk cegah sakit punggung
Posisi komputer yang tepat untuk cegah sakit punggung/Foto: Unsplash/Grovemade

Selain meja dan kursi, posisi komputer atau laptop pun perlu diatur dengan baik untuk cegah sakit punggung. Davis menyarankan agar keyboard dan mouse ditempatkan sekitar 8 cm - 10 cm dari ujung meja. Kemudian monitor sebaiknya diatur agar setinggi pandangan mata. Ini untuk menjaga posisi kepala dan punggung tetap lurus selama bekerja. Jika kamu menggunakan laptop, mungkin bisa mempertimbangkan membeli keyboard dan mouse eksternal agar dapat menerapkan cara ini, Beauties.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id