sign up SIGN UP

LIFE

Coba Cek Yuk, Ini Tanda Tubuh Alami Ketidakseimbangan Hormon

Ade Irma Suryani | Jumat, 19 Jun 2020 20:00 WIB
Coba Cek Yuk, Ini Tanda Tubuh Alami Ketidakseimbangan Hormon
caption
Jakarta -

Seperti yang diketahui, hormon sangat berperan penting dalam setiap fungsi tubuh manusia. Oleh karena itulah, kadar hormon pada tubuh tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit, tetap harus dijaga keseimbangannya, agar fungsi tubuh dan kesehatan tidak terganggu.

Ketika tubuhmu mulai mengalami ketidakseimbangan hormon, maka akan ada beberapa tanda yang ditunjukkan oleh tubuh. Lantas, seperti apa sajakah tanda-tanda jika tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon? Berikut ulasannya di bawah ini.

 

1. Mood Berubah dengan Cepat

Seseorang bisa saja pada awalnya merasa senang lalu berubah menjadi sedih atau marah.
Mood Mudah Berubah/Freepik.com

Pernahkah kamu berada dalam kondisi dimana pada awalnya merasa senang lalu mendadak berubah menjadi sedih atau marah setelah itu? Nah, jika kamu mengalami hal semacam ini, bisa jadi kamu sedang mengalami ketidakseimbangan hormon lho. Perubahan mood yang terjadi dengan cepat ini bisa disebabkan oleh hormon estrogen yang mempengaruhi beberapa senyawa kimiawi di otak, seperti serotonin, dopamin dan norepinephrine. Karena itulah, hal ini dapat membuat mood-mu mudah menjadi naik turun dengan cepat.


 

2. Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi yang tidak sama setiap bulan atau terlambat, padahal belum memasuki masa menopause, juga merupakan tanda ketidakseimbangan hormon.
Siklus Menstruasi Tidak Teratur/Freepik.com

Mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur seperti siklus yang tidak sama setiap bulannya atau terlambat sampai hitungan bulan padahal belum memasuki masa menopause, bisa juga menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami ketidakseimbangan hormon lho. Hal ini sendiri bisa disebabkan karena kadar hormon seperti estrogen atau progesteron yang berlebihan atau malah terlalu sedikit. 

 

3. Gangguan Tidur

Jika kadar hormon progesteron lebih rendah maka bisa membuat seseorang mengalami insomnia
Mengalami Gangguan Tidur/Freepik.com

Apakah akhir-akhir ini kamu sering mengalami gangguan tidur atau insomnia? Sebenarnya gangguan tidur dapat dipicu oleh banyak hal, salah satunya oleh hormon yang tidak seimbang dalam tubuh. Saat hormon progesteron lebih rendah dari biasanya, maka hal ini dapat membuatmu sulit untuk tidur nyenyak.

 

4. Muncul Jerawat Kronis

Kelebihan kadar hormon androgen juga dapat berpengaruh untuk timbulnya jerawat.
Muncul Jerawat Kronis/Freepik.com

Munculnya jerawat saat menjelang menstruasi adalah hal yang normal dan tidak perlu dirisihkan. Karena pada saat itu memang sedang terjadi perubahan hormon pada tubuh. Namun, akan sangat berbeda jika kamu mengalami jerawat kronis yang sulit dihilangkan. Karena munculnya jerawat ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu sedang mengalami ketidakseimbangan hormon lho. Saat produksi kadar hormon androgen berlebih, maka hal ini juga dapat memicu untuk timbulnya jerawat. 

 

5. Vagina Menjadi Kering

Hormon estrogen yang kadarnya rendah dapat mengurangi cairan pada vagina.
Ilustrasi Vagina/Freepik.com

Jika kamu sering mendapati vagina yang kering, bisa jadi ini juga dipicu oleh ketidakseimbangan hormon.  Hormon estrogen sendiri juga berfungsi dalam membantu jaringan vagina agar tetap lembab. Nah, jika kadar hormon estrogen ini turun, maka hal ini juga dapat mengurangi cairan pada vagina, sehingga vagina akan menjadi kering.

 

6. Payudara Mengalami Perubahan

Penurunan kadar hormon estrogen juga dapat membuat jaringan payudara menjadi kurang padat.
Perubahan pada Payudara/Freepik.com

Salah satu tanda ketidakseimbangan hormon adalah adanya perubahan pada payudara. Saat kadar hormon estrogen mengalami penurunan, hal ini dapat membuat jaringan payudara menjadi kurang padat. Namun ketika hormon estrogen mengalami peningkatan berlebih, hal ini malah dapat mengencangkan jaringan payudara, bahkan bisa sampai menyebabkan adanya benjolan atau kista. 

 

7. Nafsu Makan Berubah dan Berat Badan Bertambah

Saat kadar hormon estrogen dalam tubuh menurun, maka hal ini membuat seseorang makan lebih banyak.
Nafsu Makan Bertambah/Freepik.com

Di saat kadar hormon estrogen pada tubuh mengalami penurunan, hal ini juga akan membuatmu cenderung lebih meningkat dalam nafsu makan. Alhasil, kamu akan makan lebih banyak dan secara tak langsung hal ini juga malah membuat berat badanmu bertambah. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id