sign up SIGN UP

Dari Sinovac Hingga Pfizer, Ini Efektivitas 5 Vaksin Covid yang Ada di Indonesia

Phanie Fauziah | Kamis, 23 Sep 2021 06:15 WIB
Dari Sinovac Hingga Pfizer, Ini Efektivitas 5 Vaksin Covid yang Ada di Indonesia
caption

Dari awal tahun, program vaksinasi Covid-19 masih terus digalakkan, seperti halnya hari ini. Bahkan pemerataan pembagian vaksin ini dilakukan di mana-mana, tidak hanya di pusat-pusat kesehatan, vaksin juga diberikan oleh perusahaan, yayasan, maupun berbagai lembaga.

Efektivitas 5 Vaksin Covid di Indonesia

Kita bisa mendapatkan vaksin Covid dengan mudah, tinggal memilih akan dilakukan di mana kemudian kita akan melakukan pendaftaran secara online. Nah, tapi Beauties tidak sedikit beberapa dari kita yang mempermasalahkan mengenai pemilihan vaksin mana yang tepat atau bahkan minim KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi).

Biar nggak bingung nih Beauties, berikut lima jenis vaksin Covid yang ada di Indonesia dan efektivitasnya dalam menangkal virus Covid-19. Simak yuk!

1. Sinovac

Vaksin Sinovac
Vaksin Sinovac dan Efikasinya/Pinterest/yicaiglobal.com

Sinovac merupakan vaksin Covid pertama yang masuk ke Indonesia. Vaksin yang dibuat oleh China ini sudah mendapatkan izin kelayakan EUA dari BPOM dari 11 Januari 2021.

Menurut BPOM, Sinovac memiliki efektivitas atau kekuatan dalam menangkal virus Covid sebanyak 65,3 persen. KIPI pada setiap orang pun tentunya berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh yang dimilikinya. Tapi, umumnya KIPI dari Sinovac cukup ringan, mulai dari mengantuk, lemas, pegal pada area penyuntikan, serta beberapa orang mengalami peningkatan selera makan.

2. AstraZaneca

Vaksin AstraZeneca
Vaksin AstraZeneca dan Efikasinya/Pexels/Artem Podrez

Merupakan hasil pengembangan dari Oxford University pada 9 Maret 2021, AstraZeneca merupakan vaksin Covid kedua yang masuk di Indonesia. Vaksin ini tentunya sudah mengantongi izin BPOM, meski awalnya sempat mengalami perdebatan mengenai kandungan tripsin babi dalam AstraZeneca.

Efektivitas vaksin AstraZeneca dalam menangkal virus adalah sebesar 62,1 persen. Beberapa orang yang menggunakan vaksin ini mengalami KIPI seperti demam, pusing, dan pegal, namun hal tersebut tentunya tidak berkelanjutan.

3. Sinopharm

Vaksin Sinopharm
Vaksin Sinopharm dan Efikasinya/Pinterest/news.cgtn.com

Efikasi dari vaksin Sinopharm cukup tinggi yaitu 78 persen. Vaksin ketiga yang masuk ke Indonesia ini, memiliki imunogenitas setelah pemberian dosis kedua sebanyak 99,52 persen dan 100 persen untuk lansia.

Vaksin Sinopharm ini merupakan vaksin kedua besutan dari China. Masuk ke Indonesia pada bulan April lalu sekaligus mendapat izin EUA dari BPOM pada 30 April 2021.

4. Moderna

Vaksin Moderna
Vaksin Moderna dan Efikasinya/Pinterest/Interesting Engineering

Dikembangkan dengan platform mRNA, vaksin Moderna memiliki efikasi 94,1 persen untuk usia 18-65 tahun dan 86,4 persen untuk usia di atas 65 tahun. Wah, cukup tinggi ya Beauties tingkat efikasi dari vaksin Moderna ini. Maka tidak heran jika Moderna dijadikan vaksin dosis ketiga atau booster yang untuk saat ini pemberiannya diutamakan bagi tenaga kesehatan terlebih dahulu.

5. Pfizer

Vaksin Pfizer
Vaksin Pfizer dan Efikasinya/Pinterest/egeszsegkalauz.hu

Vaksin besutan Amerika Serikat ini memiliki efikasi sangat tinggi yaitu 95,5 persen untuk usia 16 tahun ke atas dan 100 persen untuk usia 12-15 tahun. Vaksin Pfizer ini diberikan dua kali dosis dengan rentang waktu tiga minggu.

Beauties itulah kelima vaksin Covid dan efektivitas atau efikasinya dalam menangkal virus Covid dilansir dari detikHealth. Apapun pilihan merek vaksin yang akan kita gunakan, pastikan kondisi tubuh kita sedang dalam kondisi sehat ya. Meski sudah divaksin tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan juga ya!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id