sign up SIGN UP

LIFE

Duh Lebaran Badan Makin Lebar! Lakukan 5 Cara Ini Agar Kembali Langsing

Friska NR | Minggu, 31 May 2020 00:00 WIB
Duh Lebaran Badan Makin Lebar! Lakukan 5 Cara Ini Agar Kembali Langsing
caption
Bagi sebagian besar wanita, fenomena ‘lebaran makin lebar’ kerap menghantui setiap merayakan hari raya Idul Fitri. Nah buat kamu yang mengalami hal ini pasca lebaran kemarin, simak yuk 5 cara untuk menurunkan berat badan agar badan kembali langsing berikut ini!

Hari Raya Idul Fitri merupakan saat yang paling dinanti-nantikan oleh kaum muslimin setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh. Momen ini biasanya dirayakan dengan ditemani hidangan-hidangan lezat yang menggugah selera. Tak heran, banyak orang yang akhirnya kalap menyantap berbagai hidangan sampai-sampai berat badan jadi naik setelah lebaran usai.  

Nah buat kamu yang merasa badan makin lebar pasca lebaran, berikut 5 tips menurunkan berat badan yang bisa kamu ikuti di rumah!


1. Mengatur Kembali Porsi Makan



Foto: https://www.freepik.com/

Di hari lebaran, porsi makan cenderung kurang terkontrol saat dihadapkan dengan berbagai pilihan makanan lezat seperti ketupat, opor ayam hingga sajian kue kering. Untuk itu, kamu perlu kembali mengatur porsi makan dalam jumlah dan komposisi yang seimbang untuk menjaga berat badan tetap ideal setelah lebaran.



2. Batasi Konsumsi Gula



Foto: https://www.freepik.com/

Aneka kue kering dan minuman manis merupakan sajian yang sulit dihindari saat lebaran. Padahal, kadar gula yang tinggi pada sajian-sajian tersebut tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan dan dapat membuat perut jadi buncit.

Setelah lebaran, kamu sebaiknya mulai membatasi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula dan beralih menggunakan gula rendah kalori atau mengganti minuman manis dengan smoothies agar lebih sehat.


3. Jaga Asupan Air Putih



Foto: https://www.freepik.com/

Cara selanjutnya untuk menjaga berat badan tetap ideal setelah lebaran adalah dengan memperbanyak minum air putih. Cara ini juga dapat menjadikan tubuh lebih sehat dan terhidrasi. Namun jika kamu tidak terlalu suka air putih, kamu dapat menambahkan infused water yang juga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mendetoks tubuh.


4. Makan Buah dan Sayur



Foto: https://www.freepik.com/

Setelah banyak mengonsumsi hidangan yang tinggi lemak, karbohidrat dan gula saat lebaran, kamu sebaiknya mulai memperbanyak asupan buah dan sayur untuk membantu menurunkan berat badan yang terlanjur naik. Buah-buahan dan sayur kaya akan kandungan serat sehingga dapat membantu menahan kenyang lebih lama.


5. Lakukan Olahraga Rutin



Foto: https://www.freepik.com/

Tak hanya bantu menurunkan lemak, olahraga juga dapat membuat badan tetap bugar dan fit setelah lebaran. Jika kamu tidak terbiasa melakukan olahraga berat, cukup lakukan olahraga yang mudah seperti jogging, jalan santai atau bersepeda setiap pagi. 

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi berat badan yang naik setelah lebaran. Selain bisa bantu menurunkan berat badan, cara-cara tersebut juga menghindarkan tubuh dari penyakit-penyakit seperti kolesterol hingga diabetes.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id