sign up SIGN UP

LIFE

Gak Lagi-Lagi, Begini Tips Atasi Pola Tidur yang Sering Berantakan

Ade Irma Suryani | Selasa, 06 Apr 2021 10:30 WIB
Gak Lagi-Lagi, Begini Tips Atasi Pola Tidur yang Sering Berantakan
caption

Dengan segala kesibukan dan rutinitas yang begitu padat setiap harinya, kerap membuat sebagian besar orang mengalami waktu tidur yang sedikit atau pola tidur yang berantakan. Tentu hal ini sendiri bisa berdampak bagi kesehatan seseorang.

Nah, bagi kamu yang memiliki pola tidur sering berantakan, simak 5 tips berikut ini untuk memperbaikinya. 

 

1. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Perhatikan makanan yang dapat mengganggu tidur.
Perhatikan Makanan dan Minuman/freepik.com

Sebelum tidur di malam hari, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi makanan yang asam dan pedas. Pasalnya, makanan tersebut dapat mengganggu tidur. Apalagi jika kamu mengidap maag atau GERD, tentu hal ini bisa membuat perutmu menjadi tidak nyaman. 

Selain itu, hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan coklat sebelum tidur. Sebaiknya, hindari minuman tersebut 6-7 jam sebelum tidur. Sementara itu, kamu juga perlu menghindari meminum banyak air sebelum tidur agar tidak terbangun di tengah malam untuk ke toilet. 

 

2. Buat Ruang Tidur Menjadi Lebih Nyaman 

Jadikan ruang tidur menjadi lebih nyaman.
Ruang Tidur yang Nyaman/freepik.com

Agar kamu bisa lebih mudah untuk tidur, maka perlu untuk membuat ruang tidur menjadi lebih nyaman. Seperti halnya dalam membuat ruang kamar tidur menjadi gelap pada malam hari. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan cara mengurangi cahaya lampu atau paparan cahaya dari monitor komputer. 

Selain itu, jaga suhu ruang tidur agar tetap sejuk, yaitu tidak terlalu panas dan terlalu dingin. Usahakan suhu ruang tidur sekitar 18,3 derajat Celcius. Di samping itu, kamu juga dapat menaruh pengharum di kamar tidur agar dapat menambah kenyamanan dalam tidur. 

 

3. Usahakan untuk Lebih Rileks Sebelum Tidur

Cobalah untuk lebih rileks sebelum tidur.
Berusaha Lebih Rileks/freepik.com

Umumnya, hal yang sering kali membuat seseorang menjadi sulit tidur di malam hari disebabkan banyaknya pikiran atau stres. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk lebih rileks dan menenangkan pikiran terlebih dahulu.

Cobalah untuk mengenali dan memahami penyebab yang mengganggu pikiranmu tersebut. Untuk hal ini, kamu bisa mencoba menuliskan hal yang meresahkanmu atau membiasakan diri menulis jurnal harian setiap malam sebelum tidur. Selain itu, kamu juga dapat melakukan beberapa aktivitas lain sebelum tidur yang bisa membuat pikiranmu lebih rileks. 

 

4. Atur Jadwal Tidur yang Baik

Biasakan mengatur waktu tidur dengan baik.
Atur Waktu Tidur/freepik.com

Bagi kamu yang ingin memperbaiki pola tidur, cobalah untuk mulai mengatur jadwal tidur menjadi lebih baik dan teratur. Mulailah untuk menjalani durasi tidur yang cukup dan ideal. Atur jadwal tidur agar tidak larut dan bangun pagi lebih cepat. Biasakan hal tersebut sehingga menjadi kebiasaan. 

Selain itu, hindari penggunaan gadget beberapa menit sebelum tidur. Lebih baik jauhkan gadget dari tempat tidurmu. 

 

5. Berolahraga dengan Rutin

Olahraga dengan rutin dapat membantu tidur lebih cepat.
Olahraga/freepik.com

Melakukan olahraga secara rutin juga sangat membantu dalam memperbaiki pola tidur. Apalagi olahraga sendiri juga dapat membantu mengurangi stres. Tentunya hal ini akan membuatmu dapat tidur lebih nyenyak. Karena itu, biasakan untuk melakukan olahraga secara teratur. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id