sign up SIGN UP

Gerakan Yoga yang Ampuh untuk Mencegah Gangguan Kecemasan

ira syafira | Senin, 07 Jun 2021 21:30 WIB
Gerakan Yoga yang Ampuh untuk Mencegah Gangguan Kecemasan
caption
Jakarta -

Apa kamu salah satu orang yang memiliki gangguan kecemasan? Yups, gangguan dimana seseorang akan mengalami rasa cemas atau khawatir yang berlebihan. Hal ini bisa mengganggu aktivitas harian penderitanya. Kondisi ini dapat terjadi pada siapapun, terutama pada seseorang yang berusia 30 tahun ke atas. 

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan ini, salah satunya yoga. Yoga menjadi olahraga pilihan yang tidak hanya untuk menyehatkan fisik, tapi juga dengan mental. Sebuah studi membuktikan, ada keterkaitan yoga dengan penurunan hormon stres atau kadar kortisol dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan meningkat dan gangguan kecemasan semakin berkurang.

Untuk melakukan kegiatan ini, kamu cukup melakukan beberapa pose yoga tertentu yang diyakini dapat mengaktifkan sistem saraf penangkal pada tubuh. Berikut gerakan yoga yang bisa kamu ikuti untuk mencegah gangguan kecemasan!

1. Easy Seat (Sukhasana)

Foto: Easy Seat/yogabodyandbalance.com
Foto: Easy Seat/yogabodyandbalance.com

Sukhasana mungkin menjadi salah satu gerakan yoga yang paling mudah untuk pemula. Gerakan ini akan mengajarkan kamu untuk merasakan rotasi eksternal pada kaki, meningkatkan kelenturan punggung, dan meredakan stres.

Gerakan sukhasana bisa dilakukan dengan posisi bersila di lantai dan menempatkan kedua telapak tangan sejajar pada dada dan perut. Kemudian kaki menyilang di tengah dengan lutut ditumpuk tepat di atas pergelangan kaki. Letakkan satu tangan di perut bagian bawah dan satu lagi di dada sejajar dengan jantung. Lalu, tarik nafas dan hembuskan hingga 10 kali.

2. Corpse Pose (Savasana)

Foto: Corpse Pose/yogabodyandbalance.com
Foto: Corpse Pose/yogabodyandbalance.com

Gerakan savasana, dalam yoga gerakan ini memberikan rasa rileks melalui penurunan ritme nafas, sehingga tekanan darah ikut menurun.

Gerakan ini dapat kamu lakukan dengan berbaring dan mengatur nafas, kemudian longgarkan seluruh otot saat melakukannya. Posisikan lengan pada jarak nyaman dengan telapak tangan menghadap ke atas. Bila perli, kamu bisa letakkan kedua telapak tangan di atas perut saat bergerak untuk membuatmu merasa lebih tenang. Lakukan selama kurang lebih 5-10 menit.

3. Seated Forward Bend (Paschimottanasana)

Foto: Seated Forward Bend/yogabodyandbalance.com
Foto: Seated Forward Bend/yogabodyandbalance.com

Yoga pada asana ini akan memberikan rasa tenang pada pikiran, menghilangkan sakit kepala, dan menurunkan darah tinggi. 

Caranya mudah, duduk di lantai dengan kaki lurus ke depan. Lenturkan kaki dan duduk tegak dengan posisi punggung yang lurus. Bungkukkan tubuh hingga condong ke depan dan genggam telapak kaki menggunakan kedua tangan. Pastikan posisi kaki dan punggung tetap lurus, tahan selama 1-3 menit.

4. Child's Pose (Balasana)

Foto: Child's Pose/yogabodyandbalance.com
Foto: Child's Pose/yogabodyandbalance.com

Gerakan yoga balasana ini dapat membantumu melonggarkan rasa kaku di bagian leher hingga punggung atas dan bahu. Posisi seperti ini dapat memberikan ketenangan sistem saraf dengan nafas secara teratur.

Untuk melakukannya, kamu bisa berlutut di lantai dan duduk pada kedua mata kaki. Biarkan tubuh condong dan tekuk ke depan dengan rileks. Kamu dapat merapatkan dada di paha muka atas, atau melebarkan lutut ke samping (telapak kaku menempel satu sama lain). Lalu, kedua tangan ditarik ke depan.

5. Extended Puppy Pose (Uttana Shishosana)

Foto: Extended Puppy Pose/yogabodyandbalance.com
Foto: Extended Puppy Pose/yogabodyandbalance.com

Gerakan puppy pose pada yoga ini dapat membantumu menenangkan pikiran dan memanjangkan tulang belakang, serta mengurangi rasa tegang pada bagian leher.

Caranya, tangan dan kaku diposisikan netral seperti merangkak. Biarkan kaki seperti apa adanya, kemudian mulai merangkak ke depan dan jaga posisi dada dekat dengan lantai. Rasakan peregangan sampai ke tulang belakang. Ambil nafas dan rasakan hingga masuk ke tulang belakang. 

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id