sign up SIGN UP

Isoman di Rumah, Begini 5 Langkah Berbagi Kamar Mandi dengan Pasien Covid-19

Siti Mukaromah | Senin, 19 Jul 2021 20:00 WIB
Isoman di Rumah, Begini 5 Langkah Berbagi Kamar Mandi dengan Pasien Covid-19

Lonjakan angka pasien positif covid-19 dilaporkan belum juga menurun, meski tidak sedikit juga yang telah dinyatakan sembuh. Bagi pasien tanpa gejala maupun bergejala ringan, dapat isolasi secara mandiri di rumah. Ini karena keterbatasan ruang isolasi di RS serta mengedepankan mereka yang bergejala berat.

Meski bisa isolasi mandiri (isoman) di rumah, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya dalam hal berbagi kamar mandi.

Dokter spesialis penyakit menular dari Maryland, Amerika Serikat,  Dr. Faheem Younus, MD., lewat akun twitter-nya membagikan langkah-langkah yang perlu kamu lakukan saat harus berbagi kamar mandi dengan pasien covid. Sebagai berikut:

Pakai Masker

covid, covid-19
Menggunakan masker di dalam rumah/pexel.com/vlada karpovich

Penggunaan masker pada masa pandemi seperti ini memang menjadi hal yang sudah sewajarnya dilakukan. Itu karena penyebaran virus covid yang dapat melalui udara dan benda mati. Hal ini juga harus diterapkan ketika kamu serumah dan berbagi ruangan dengan pasien covid.

Tingkatkan Ventilasi Udara

covid, covid-19
Meningkatkan ventilasi udara/pexel.com/Jose Antonio Gallegos

Agar kamar mandi dapat digunakan secara bergantian, pastikan memiliki ventilasi udara yang baik.

Buka Jendela Antara Jeda Pemakaian dengan Pasien Covid


Bukalah jendela kamar mandi selama waktu jeda pemakaian dengan pasien covid. Ini juga akan membuat udara baru masuk beserta cahaya dari matahari.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id