sign up SIGN UP

LIFE

Jaga Postur Tubuh, Begini Cara Mengatasi Tubuh Bungkuk

Anisalestari | Kamis, 10 Sep 2020 19:00 WIB
Jaga Postur Tubuh, Begini Cara Mengatasi Tubuh Bungkuk
caption

Kebiasaan duduk dalam waktu yang lama dengan posisi yang terlalu membungkuk dapat menyebabkan tubuh menjadi bungkuk. Selain membuatmu terlihat kurang menarik, tubuh bungkuk juga dapat menyebabkan rasa sakit dan pegal.

Untuk mengatasinya, lakukan beberapa cara berikut ini, yuk!

Posisi Lurus 

Meski punggung terasa sakit pastikan duduk dan berdiri dengan posisi lurus
Posisi Lurus/ Foto: Freepik.com

Penyebab tubuh bungkuk yang pertama adalah sering menekuk punggung atas, termasuk bahu untuk menghindari rasa nyeri di bagian punggung bawah, Ladies. Meski mungkin kamu merasa nyeri pada bagian punggung bawah, usahakan untuk tetap duduk atau berdiri dalam posisi lurus, ya. 


Lakukan Peregangan 

Lakukan peregangan untuk mengatasi tubuh bungkuk
Lakukan Peregangan/ Foto: Freepik.com

Salah satu cara mengatasi tubuh bungkuk ialah dengan melakukan peregangan. Sebelum melakukan peregangan, pastikan tulang belakang, tangan, dan kepala sudah dalam posisi lurus.

Setelah itu, bungkukkan kepala ke bawah sejauh yang kamu bisa secara perlahan-lahan sampai kamu benar-benar bisa merasakan peregangan pada bagian punggung. Lakukan gerakan peregangan ini sebanyak 2-3 kali sehari dalam waktu 2 minggu. Ingat untuk selalu memastikan tulang belakang berada dalam posisi lurus ya, Ladies.

Perkuat Otot-Otot Leher

Cara untuk mengatasi punggung dengan memperkuat otot leher
Perkuat Otot Leher/ Foto: Freepik.com

Cara mengatasi tubuh bungkuk selanjutnya adalah dengan memperkuat otot-otot leher. Caranya, tekan telapak tangan ke dahi, lalu perlahan-lahan mulai dorong kepala ke belakang.

Gunakan otot-otot leher untuk menahan gerakan tersebut. Lakukan gerakan ini sekitar 5 detik atau sampai posisimu rileks, ulangi 3 sampai 4 kali. Untuk menyembuhkan tubuh bungkuk, lakukan gerakan ini sehari sekali. 

Seated Cable Row 

Gerakan yang satu ini dapat mengatasi tubuh bungkuk
Seated Cable Row/ Foto: Freepik.com

Seated Cable Row merupakan latihan yang baik untuk mengatasi tubuh bungkuk. Tempatkan kaki pada footpads dan tekuk lutut sedikit, pegang tali dengan kedua tangan kemudian tarik ke arah dagu.

Usahakan untuk menjaga siku tetap tinggi dan menempatkan lengan atas sejajar dengan lantai. Pastikan kamu duduk dengan posisi lurus saat melakukan latihan ini. 

Latihan Berbaring Lurus

Latihan berbaring lurus agar postur tubuh tidak bungkukLatihan Berbaring Lurus/ Foto: Freepik.com

Terakhir, cobalah mengatasi tubuh bungkuk dengan latihan berbaring lurus. Caranya, tempatkan tangan di sisi tubuh dan angkat sedikit. Lalu perlahan-lahan tekan otot pantat dan naikkan posisi dada sejauh yang kamu bisa. Tahan selama beberapa detik sampai tubuh merasa rileks, ulangi latihan ini sebanyak 8-10 kali. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id