sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Asal, Ini Cara Bersihkan Handphone yang Benar untuk Cegah Virus Corona

Anindya Milagsita | Minggu, 03 May 2020 01:00 WIB
Jangan Asal, Ini Cara Bersihkan Handphone yang Benar untuk Cegah Virus Corona
caption
COVID-19 atau virus corona yang meluas membuat kita harus makin waspada. Hati-hati HP yang selama ini paling sering kita sentuh ternyata bisa menjadi sumber bakteri, kuman, dan virus lho. Yuk mulai jaga kebersihan HP kita dengan rutin membersihkannya. Biar nggak asal, ini cara bersihkan HP yang benar!

Dilansir dari salah satu jurnal kesehatan Amerika, jumlah bakteri yang bersarang di ponsel ada sekitar 25.127. Itu menunjukkan kalau jumlah bakterinya lebih banyak dibanding dudukan toilet yang hanya ada sekitar 1.201. Berdasarkan angka ini kita harus lebih hati-hati lagi dalam menggunakan ponsel untuk mencegah virus COVID-19.


Foto: https://freepik.com/

Terlebih setelah menggunakan ponsel tangan kamu memegang wajah sebelum cuci tangan, bisa-bisa bakteri yang ada di ponsel berpindah ke wajah. Nah, mulai sekarang jangan sampai sepelekan kebersihan ponsel kamu ya, ladies. 


Kurangi Pemakaian Ponsel di WC




Foto: https://freepik.com/

Langkah pertama untuk mengantisipasi penyebaran virus corona caranya dengan mengurangi pemakaian ponsel saat berada di kamar mandi ataupun WC. Kamar mandi dan WC bisa menjadi sumber bakteri yang harus kamu perhatikan. Hindari pemakaian ponsel saat berada di tempat ini, karena khawatir bakteri akan berpindah. 


Gunakan Tissue Basah




Foto: https://freepik.com/

Setelah kamu berhasil mengurangi pemakaian ponsel di kamar mandi ataupun WC, saatnya kamu buat menjaga kebersihannya. Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan handphone adalah dengan menggunakan tisu basah. Pastikan tisu basah yang kamu pakai mengandung alkohol. Kamu bisa membersihkan handphone secara horizontal ataupun vertikal. 


Pastikan membersihkannya dalam satu arah secara berulang. Jangan membersihkan handphone dengan cara yang bolak balik ke kanan lalu ke kiri. Hindari juga menggosok permukaannya secara keras. Cukup perlahan dan dengan cara yang lembut. 


Pakai Cotton Bud




Foto: https://freepik.com/

Buat mencegah penyebaran virus corona cara selanjutnya adalah dengan membersihkan handphone sampai ke sela-sela terkecil. Pakai bantuan cotton bud buat membersihkan bagian handphone yang sulit dijangkau dengan tisu basah. Seperti bagian sisi ujung tempered glass, lubang charger, dan juga lubang headset.
 


Bersihkan Secara Keseluruhan




Foto: https://freepik.com/

Tips membersihkan handphone dengan benar adalah memastikan semua bagian dibersihkan secara keseluruhan. Bersihkan handphone hingga bagian terkecil, jangan hanya bagian layar depan. Pastikan juga bagian belakang handphone seperti flash dan kamera belakang tidak luput dari jangkauan. 


Bersihkan Casing Pakai Handsanitizer




Foto: https://freepik.com/

Last but not least, buat pencegahan virus corona cara lainnya adalah dengan memastikan kebersihan casing handphone. Kalau handphone kamu udah dirasa bersih dan bebas bakteri, jangan lupa buat membersihkan casing-nya juga. Caranya gampang, kamu bisa memakai handsanitizer buat membersihkan casing handphone. Pastikan casing kering sebelum memasangnya kembali ke handphone ya, ladies.
 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id