sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Ditahan, Ini Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Fauziana Hilda | Kamis, 07 May 2020 09:30 WIB
Jangan Ditahan, Ini Manfaat Tertawa untuk Kesehatan
caption
Tertawa ternyata memiliki manfaat yang positif untuk kesehatan, lho. Mulai dari menghilangkan stres sampai memperbaiki sistem pernapasan. Simak penjelasan manfaat dari tertawa berikut, yuk!

Menurunkan Tekanan Darah


Foto: Istimewa
Image Source: https://www.freepik.com/

Hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tertawa bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh, lho. Hal ini sudah dibuktikan dengan menguji 40 orang pasien dengan menggunakan hemodialisis untuk mendengarkan sebuah acara komedi selama 16 sampai 30 menit dalam 8 minggu.

Hasil akhirnya adalah tekanan darah mereka menurun. Tertawa distimulasikan lewat kontak mata dan pelatihan pernapasan yang diindikasikan menjadi penyebab tekanan darah menjadi menurun. 


Menghilangkan Emosi Negatif


Foto: Istimewa
Image Source: https://www.freepik.com/

Selain dapat membantu menurunkan tekanan darah, tertawa juga dapat menghilangkan emosi negatif. Tertawa dapat mengeluarkan hormon dopamin yang bisa membuat kamu menjadi lebih bahagia dan menghilangkan stres.

Saat kamu tertawa, tubuh akan menahan hormon stres dan emosi negatif, yakni kortisol. Ini yang akan membuat kamu menjadi lebih bahagia saat sedang tertawa. 


Bisa Membuat Bahagia


Foto: Istimewa
Image Source: https://www.freepik.com/

Tertawa dapat memberikan perasaan bahagia dalam diri kamu yang muncul karena dipengaruhi hormon. Tertawa juga bisa membantu menjernihkan pikiran kamu menjadi lebih fresh dan tidak mudak stres.

Hal ini disebabkan karena otak, pernapasan, otot dan detak jantung bekerja bersamaan dengan bahagia. Tak hanya itu saja, ternyata tertawa juga dapat membuat proses berpikir kamu jadi lebih cepat dan jernih.

Nah, bagi kamu yang sering merasa stres atau memiliki rasa penat, disarankan untuk mencari hiburan seperti menonton video lucu agar dapat membantu mengurangi stres. Ini juga dapat memberikan efek rileks pada otakmu.



(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id