sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Salah! Ini Cara Memilih Menstrual Cup yang Pas

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 09 Sep 2020 11:00 WIB
Jangan Salah! Ini Cara Memilih Menstrual Cup yang Pas
caption

Keberadaan menstrual cup belakangan ini memang memang cukup populer di kalangan kaum hawa. Selain memiliki fungsi yang sama dengan pembalut pada umumnya, menstrual cup ini dinilai lebih ramah lingkungan.

Meski demikian, hal yang penting untuk diperhatikan adalah cara memilih menstrual cup yang pas. Hal ini dikarenakan pada dasarnya menstrual cup memiliki beberapa perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Bagaimana cara memilihnya?

Bagaimana Cara Kerja Menstrual Cup?


Fakta-Fakta Tentang Menstrual Cup yang Perlu Kamu TahuFakta-Fakta Tentang Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu/ Foto: Youtube LunetteCup

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara memilih menstrual cup, ada baiknya diketahui lebih dulu bagaimana cara kerjanya. Ini menjadi informasi dasar yang penting untuk memutuskan memakainya ataupun tidak. Dilansir dari newidea.com.au, menstrual cup terbuat dari bahan yang fleksibel sehingga bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam vagina. Sementara itu, petunjuk spesifiknya berbeda-beda untuk setiap jenis cup yang ada.

Menstrual cup ini dapat menangkap darah menstruasi seperti pembalut maupun tampon. Kamu dapat mengosongkan cup tersebut sebanyak dua hingga empat kali sehari dan cup dapat dipakai hingga 12 jam dan semalaman.

Setelah memakainya semalaman atau dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya cuci cangkir dengan air panas dan pembersih sebelum digunakan kembali. Ada juga beberapa ukuran cup bulan di pasaran sehingga kamu dapat membeli ukuran yang tepat yang sesuai dengan vagina.

Mengapa Menstrual Cup Diklaim Ramah Lingkungan?

Menggunakan menstrual cup jauh lebih baik untuk lingkungan karena dapat menghemat ribuan pembalut dan tampon supaya tidak berakhir di tempat pembuangan sampah. Jika diamati, seorang wanita biasanya menggunakan sekitar satu pak pembalut atau sekotak tampon selama menstruasi, yang jika dikalkulasikan dapat menambah hingga 16.000 pembalut dan tampon seumur hidup.

Sungguh jumlah yang cukup mengerikan bukan? Saat kamu membuang pembalut atau tampon bekas ke dalam sampah, itu akan berakhir di tempat pembuangan sampah dan membutuhkan waktu lebih dari 500 tahun untuk terurai.

Menemukan Menstrual Cup yang Tepat

Fakta-Fakta Tentang Menstrual Cup yang Perlu Kamu TahuFakta-Fakta Tentang Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu/ Foto: Freepik.com

Ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih menstrual cup. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kapasitas: Ada sejumlah menstrual cup dengan ukuran berbeda di pasaran. Kamu dapat memilih salah satu berdasarkan beratnya haid yang dialami. Kebanyakan cup menampung hingga 20-30ml.
  • Kekencangan: Meskipun semua cup fleksibel, beberapa di antaranya bisa lebih kencang dari yang lain. Cup yang lebih kecil biasanya lebih lembut daripada yang lebih besar, meskipun cup yang lebih besar dapat lebih mudah dibuka tetapi terkadang sedikit lebih sulit untuk dimasukkan.
  • Bentuk: Meskipun sebagian besar cup memiliki bentuk standar, beberapa lebih bulat sementara yang lain lebih panjang dan lebih sempit. Ini semua hanya tergantung pada preferensi pribadi.

Nah, satu lagi yang menjadi catatan adalah beberapa merek terkadang menyebutkan peruntukan usia untuk menstrual cup yang mereka jual. Untuk itu,  perhatikanlah baik-baik.

Cara menggunakan Menstrual Cup

Menstrual Cup Bisa Jadi Pengganti Pembalut? Cari Tahu Informasi Lengkapnya di Sini Yuk!Menstrual Cup Bisa Jadi Pengganti Pembalut? Cari Tahu Informasi Lengkapnya di Sini Yuk!/ Foto: Pinterest

Ketika ingin menggunakan menstrual cup,  ada beberapa langkah yang harus kamu terapkan. Di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Cuci tangan sebelum memulai. Kemudian, bilas cup dan keringkan sebelum digunakan.
    Kamu bisa memasukkan cup sambil duduk, berdiri atau jongkok. Lipat cup dengan sendirinya agar rata.
  • Jaga cup agar tetap tergulung dan pandu ke dalam vagina kemudian lepaskan cup nya.
  • Untuk memeriksa cup apakah sudah terbuka penuh, geser satu jari ke atas ke dasar cup, jika bulat berarti sudah terbuka dengan benar.
  • Untuk mengeluarkan, kendurkan otot dan pegang bagian bawah cup dan kemudian lepaskan. Jangan mencabutnya hanya dengan memegang batangnya saja, pastikan kamu juga memegang bagian bawahnya.
  • Masukkan isinya ke dalam toilet lalu bilas dan gunakan kembali.
  • Kamu harus membersihkan menstrual cup sebelum dan sesudah setiap siklus haid. Cuci dengan air panas dan larutan sterilisasi atau rebus dalam panci berisi air selama beberapa menit.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id