sign up SIGN UP

LIFE

Kecanduan Makanan Manis? Hentikan dengan 4 Cara Ini

Jovita | Kamis, 28 May 2020 11:00 WIB
Kecanduan Makanan Manis? Hentikan dengan 4 Cara Ini
caption
Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, salah satunya kecanduan makanan manis. Biar sehat, sebaiknya kamu hentikan candumu ini. Berikut 4 caranya!
Konsumsi makanan dan minuman manis tentu sangat nikmat ya, Beautynesian. Tetapi tahukah kamu, terlalu banyak mengonsumsi zat pemanis dapat menyebabkan kecanduan sama seperti mengonsumsi narkotika?

Kecanduan gula atau sugar craving adalah salah satu bentuk adiksi atau ketagihan yang terjadi pada otak karena konsumsi gula berlebih. Jika dibiarkan akan memicu berbagai penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Nah, sebagai langkah untuk menghentikan kecanduan tersebut, praktikkan 4 cara berikut, yuk!

1. Buat komitmen yang kuat


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Kecanduan gula merupakan hal yang tidak mudah untuk dihentikan. Butuh tekad dan komitmen yang kuat agar dapat terlepas dari kecanduan tersebut.

Dalam tahap awal untuk menghentikan sugar craving akan ada efek yang sangat menyiksa tubuh, secara fisik maupun psikis. Saat kamu berhenti mengonsumsi gula, tubuh akan terasa mudah lelah, pusing, sakit kepala, badmood dan timbul perasaan negatif yang sangat menganggu. Oleh karena itu, jika tidak bisa menahannya, kamu akan sulit terlepas dari candu gula.

Untuk memperkuat komitmenmu, cobalah untuk pikirkan dampak negatif dan berbahaya yang akan timbul pada tubuh, jika berlebihan konsumsi gula, seperti meningkatkan resistensi insulin yang menjadi penyebab terjadinya diabetes. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi gula berlebihan dapat memicu kanker, obesitas dan penyakit jantung.

4. Berolahraga secara rutin


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Beutynesian, konsumsi makanan yang tinggi gula dapat mendorong mekanisme otak untuk menghasilkan hormon endorfin  dengan cepat. Hormon ini akan menimbulkan perasaan bahagia bagi orang yang mengonsumsi. Karena berhubungan dengan mekanisme otak, sehingga kecanduan ini akan sulit untuk dihilangkan. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengganti sumber yang mendorong otak menghasilkan endorfin.

Ganti kebiasaan makan gula dengan kebiasaan berolahraga. Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang juga dapat mendorong otak menghasilkan hormon endorfin. Selain itu, dengan berolahraga, kamu juga dapat mengalihkan perhatian dari konsumsi manis serta membantu tubuh menyerap nutrisi makanan lebih baik.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id