sign up SIGN UP

Kenalan dengan Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Nyaman dan Praktis!

Fahira mahza | Rabu, 17 Mar 2021 12:30 WIB
Kenalan dengan Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Nyaman dan Praktis!
caption

Menstruasi merupakan hal yang rutin dialami oleh para wanita setiap bulannya. Berbagai gejala biasanya muncul sebelum terjadinya menstruasi. Fase menstruasi umumnya terjadi selama 5-8 hari tergantung kondisi tubuh masing-masing. Ketika fase ini tiba maka dinding rahim akan luruh dan keluar sebagai darah haid.

Tentunya darah ini harus ditampung ataupun ditahan agar tidak bocor ke pakaian. Biasanya kita menggunakan pembalut ataupun tampon saat sedang menstruasi untuk mencegah terjadinya kebocoran. Penggunaan pembalut biasanya harus diganti 3-4 kali sehari apabila sudah penuh.

Namun beberapa tahun belakangan hadir alat baru yang lebih higienis dan sehat serta eco friendly yang dapat menggantikan pads yaitu menstrual cup. Menstrual cup mulai marak digunakan sebagai pengganti pembalut sejak tahun 2015.

Bentuk dan Fungsi 

Bentuk dan Fungsi
Bentuk dan Fungsi/foto: freepik.com

Menstrual cup berbentuk seperti cangkir kecil dengan corong yang terbuat dari silikon atau karet. Penggunaan menstrual cup terbilang cukup ramah lingkungan karena bisa dipakai terus-menerus. Menstrual cup juga dapat menampung lebih banyak darah dibanding pembalut biasa.

Jika pembalut biasa hanya dapat menampung 7ml darah, maka menstrual cup dapat menampung sekitar 40ml. Kamu dapat membersihkan menstrual cup ketika sudah 6-12 jam pemakaian, tergantung banyaknya darah yang dihasilkan.

Di Indonesia penggunaan menstrual cup memang belum terlalu banyak. Karena itu, sebelum memutuskan menggunakan menstrual cup, kamu dapat berkonsultasi ke dokter untuk mempertimbangkan usia, aliran darah serta fleksibilitas menstrual cup.

Kelebihan Menstrual Cup

Kelebihan Menstrual Cup
Kelebihan Menstrual Cup/foto: freepik.com

Dibanding pembalut biasa, menstrual cup memiliki beberapa kelebihan seperti:

1. Aman digunakan dan tidak menjadi sampah

Menstrual cup terbuat dari bahan silikon yang dapat digunakan secara berulang sehingga akan mengurangi penumpukan sampah akibat pembalut. Selain itu, alat ini juga terbebas dari pewangi buatan serta bahan kimia lainnya yang tidak akan menyebabkan iritasi.

2. Dapat disesuaikan dengan kenyamanan

Untuk menyesuaikan kenyamananmu dalam penggunaan menstrual cup ini, maka kamu bisa memotong ujung menstrual cup. Hal ini berfungsi agar saat beraktivitas akan tetap terasa nyaman. Potonglah ujung menstrual cup sesuai dengan kebutuhan.

3. Mudah dibersihkan

Menstrual cup harus dibersihkan ketika sudah menampung cukup banyak darah. Untuk membersihkannya pun terbilang mudah. Kamu cukup membutuhkan air mengalir untuk membersihkan menstrual cup dari darah. 

Cara Penggunaan 

Cara Penggunaan
Cara Penggunaan/foto: freepik.com

Sebelum memilih membeli menstrual cup, kamu harus memilih ukuran yang sesuai. Menstrual cup berukuran kecil biasanya digunakan oleh wanita di bawah 30 tahun ataupun yang belum pernah melahirkan normal. Sedangkan yang berukuran besar digunakan oleh wanita di atas 30 tahun, sudah pernah melahirkan normal ataupun cenderung mengalami pendarahan haid yang banyak. Berikut ini merupakan langkah-langkah menggunakan menstrual cup:

  1. Gunakan air atau pelumas untuk melumasi bibir corong agar lebih mudah dimasukkan
  2. Lipat corong menjadi dua dengan satu tangan kemudian masukkan corong yang terlipat ke dalam vagina secara perlahan. 
  3. Corong akan otomatis terbuka kembali setelah dimasukan dan berada diposisi yang tepat yaitu beberapa cm di dalam saluran leher rahim. 
  4. Terakhir masukan kembali ujung jari ke dalam vagina dan putar bagian bawah corong untuk memasang segel kedap udara agar tidak terjadi kebocoran.

Jika menstrual cup terpasang dengan benar maka tidak akan terjadi kebocoran serta meningkatkan kenyamanan dalam beraktivitas. Menstrual cup merupakan solusi yang aman dan mudah sebagai pengganti pembalut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id