sign up SIGN UP

LIFE

Lebaran Usai, Saatnya Terapkan Pola Makan Sehat dengan 4 Tips Berikut

Jovita | Kamis, 28 May 2020 06:00 WIB
Lebaran Usai, Saatnya Terapkan Pola Makan Sehat dengan 4 Tips Berikut
caption
Halo Beautynesian, bagaimana hari lebaranmu? Semoga menyenangkan ya! Setelah kemarin saling memaafkan dan menyantap semua hidangan khas Idul Fitri, jangan lupa untuk kembalikan pola makanmu ke pola makan yang sehat. Tidak sulit kok untuk mengembalikannya, kamu hanya perlu ikuti tips mengatur pola makan sehat setelah lebaran di bawah ini.

1. Konsumsi oatmeal


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Tips mengatur pola makan sehat setelah lebaran adalah dengan konsumsi oatmeal. Makanan ini menjadi salah satu hidangan yang paling baik untuk dikonsumsi setelah lebaran.

Oatmeal merupakan makanan sehat yang kaya akan serat larut. Jenis serat ini mampu menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang merupakan pemicu penyakit stroke dan jantung. Kolestrol jahat tersebut banyak ditemukan dalam hidangan lebaran, seperti opor ayam, rendang, dan gulai kambing. 

Untuk mengurangi dampak buruk dari beberapa hidang tersebut, kamu bisa beralih dulu mengonsumsi oatmeal sehingga kesehatan tubuh kembali terjaga. Selain itu, oatmeal juga bisa membantumu menjaga berat badan karena salah satu manfaat dari makanan tersebut adalah membuat perut terasa kenyang lebih lama.

2. Konsumsi sayuran dan buah-buahan


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Selain konsumsi oatmeal, sayur dan buah juga menjadi makanan yang sangat penting dikonsumsi setelah lebaran. Karena selama hari raya, makanan yang dikonsumsi adalah yang kaya akan lemak jenuh dan bersantan, maka perlu diimbangi dengan buah dan sayur. 2 jenis makanan ini mengandung banyak serat, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Semua kandungan tersebut sangat ditubuhkan tubuh untuk memperbaiki sekaligus melancarkan sistem pencernaan dan siklus tubuh. Beberapa sayuran yang bisa kamu konsumsi, seperti wortel, bayam, kentang, dan kacang panjang. Sedangkan untuk buah, kamu bisa konsumsi  Apel, anggur, jeruk, dan pisang.

3. Konsumsi yoghurt


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Tips mengatur pola makan sehat setelah lebaran yang selanjutnya adalah mengonsumsi yoghurt. Ada banyak varian yoghurt mulai dari, cair, kental, hingga yang beku. Semuanya tentu sangat bagus untuk tubuh. 

Yoghurt merupakan susu yang dibuat dari fermentasi dan mengandung probiotik baik untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan. Selain itu, susu jenis ini juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, vitamin B12, kalium, fosfor, dan zinc yang dibutuhkan tubuh pasca mengonsumsi makanan berlemak. Agar lebih nikmat dan hasilnya lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan beri-berian yang kaya manfaat, pada yoghurt yang akan disantap.


4. Hindari makanan berlemak dan bersantan


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Sudah cukup menikmati makanan berlemak dan bersantan saat lebaran, sekarang saatnya untuk kembali ke makanan yang lebih sehat. Untuk beberapa saat, jauhi dulu 2 jenis makanan ini. Jika kamu tidak sanggup menahannya, maka buah, sayur, oatmeal, dan yoghurt yang sudah kamu konsumsi akan menjadi percuma.

Terlalu banyak santan dan lemak jahat dalam tubuh sangatlah berbahaya, terutama bagi orang yang memiliki riwayat penyakit kolestrol, darah tinggi, jantung, dan diabetes. Jadi, untuk saat ini mulai perhatikan makanan yang hendak kamu konsumsi demi menjaga tubuh tetap sehat.

(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id