sign up SIGN UP

LIFE

Mata Perih Karena Terlalu Lama Memandangi Layar? Ini Dia Cara Ampuh Mengatasinya

Rumaysha Milhania | Jumat, 29 May 2020 12:00 WIB
Mata Perih Karena Terlalu Lama Memandangi Layar? Ini Dia Cara Ampuh Mengatasinya
caption
Mata perih dan tidak nyaman karena terlalu lama bekerja di depan laptop? Yuk, intip langkah tepat mengatasinya berikut ini.

Hidup di era digital memaksa kita untuk menghabiskan banyak waktu di depan layar. Apalagi di masa-masa pandemi seperti sekarang di mana semuanya dilakukan secara virtual. Tidak heran jika banyak dari kita yang mengeluh dengan mata yang terasa lelah dan perih. Jika kamu juga merasakan keluhan tidak nyaman seperti ini, simak langkah-langkah mengatasi mata perih karena terlalu lama memandangi layar berikut ini.

Mata Lelah karena Layar

Memandangi layar seharian karena harus bekerja dan bersilaturahim dengan kerabat menggunakan gadget kerap menimbulkan keluhan ketegangan mata, atau yang juga banyak dikenal dengan sebutan asthenopia. Kondisi ini menggambarkan secara spesifik mata yang lelah dan perih setelah melihat layar ponsel atau komputer dalam waktu yang lama. Hal ini dapat menjadi semakin parah jika mereka melihat layar dalam kondisi pencahayaan rendah.


Foto: https://www.medicinenet.com/


Asthenopia dapat berdampak pada banyak orang dan dapat menyebabkan masalah serius jika seseorang memiliki masalah penglihatan yang sudah ada. Terkadang, kondisi ini membuat seseorang dapat mengembangkan ketegangan mata dengan lebih cepat dan sering. Jika dibiarkan, gangguan pada mata ini kerap menyebabkan hilangnya fokus dan kemampuan dalam melihat dengan lebih jelas.
 



Selain itu, ketahui juga bahwa orang yang rentan terhadap sakit kepala, migrain, fotofobia, dan sindrom mata kering memiliki risiko besar mengalami mata tegang karena memiliki mata yang lebih sensitif. Beragam aktivitas yang membutuhkan fokus dan kerja keras dari mata, seperti bekerja di depan layar berjam-jam, tepat pasti akan menyebabkan asthenopia.
 



Foto: https://eyecliniclondon.com/


Mengatasi Mata Lelah Karena Layar

Pada dasarya tidak ada obat yang dapat menghilangkan mata lelah atau ketegangan pada mata. Namun, ada sejumlah cara yang dapat meminimalkan risiko mata perih dan lelah akibat ketegangan pada otot-ototnya.

Cara paling sederhana adalah dengan mengistirahatkan mata. Ketika kamu merasa semakin sulit untuk memfokuskan pandanganmu pada layar, segeralah beristirahat. Tutup matamu beberapa waktu sambil mengatur latihan pernafasan. Kamu juga bisa memandang langit atau pemandangan luar untuk memberikan ruang bagi mata untuk melihat lebih jauh.
 



Selanjutnya, kamu juga bisa mempertimbangkan pengaturan layar dan pencahayaan tempat kamu bekerja. Hal ini sangat berpengaruh pada hasil tingkat risiko mata lelah dan tegang yang dapat kamu miliki. Kamu bisa mengatur pencahayaan ponselmu menjadi dark mode, menurunkan brightness layar laptop, dan menambahkan pencahayaan ruangan.
 


Foto: https://www.allaboutvision.com/


Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata lelah akibat paparan layar yang terlalu lama. Semoga bermanfaat, ya!


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id