sign up SIGN UP

LIFE

Mau Menurunkan Berat Badan Saat Puasa? Ikuti Tips Berikut Agar Diet Kamu Tetap Efektif!

Neysa Alicia | Sabtu, 17 Apr 2021 19:30 WIB
Mau Menurunkan Berat Badan Saat Puasa? Ikuti Tips Berikut Agar Diet Kamu Tetap Efektif!
caption
Jakarta -

Hai, Beautynesian! Sudah masuk bulan puasa lagi, nih. Diantara dari kamu pasti pernah memiliki niat untuk menurunkan berat badan saat puasa, kan? Namun pada kenyataannya, rencana untuk beribadah sambil menurunkan berat badan tersebut sering kali gagal, dan malah mengalami kenaikan berat badan. Sebenarnya, melakukan diet saat berpuasa sama saja ketika diet di hari biasa. Kunci utamanya adalah kamu harus memperhatikan asupan gizi dan jenis makanan yang masuk ke tubuh kamu terutama ketika waktu berbuka puasa.

Biar diet kamu berjalan efektif, simak tips berikut, yuk!

1. Jangan Lewatkan Sahur

foto: freeimages.com
foto: freeimages.com

Tidak sedikit orang melewatkan sahur dengan anggapan bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Namun faktanya, sahur merupakan kunci yang penting jika kita mau melaksanakan ibadah puasa. Melewatkan sahur akan membuat tubuh kelaparan seharian, dan memicu keinginan kita untuk makan lebih banyak sampai tidak terkendali ketika berbuka puasa. Untuk itu, kamu harus tetap makan sahur, tentunya dengan gizi yang seimbang.

Agar diet tetap terkontrol, kamu bisa memperbanyak protein (tempe, tahu, telur, dada ayam) dan serat (sayur hijau, buah-buahan) pada menu sahur. Disarankan juga lebih baik mengganti nasi putih dengan karbohidrat kompleks (gandum, ubi, nasi merah, kentang) agar kamu terasa kenyang lebih lama.

2. Perhatikan Menu Berbuka Puasa

foto: freeimages.com
foto: freeimages.com

Menu berbuka puasa terutama di Indonesia memang sangat menarik dan menggugah selera! Gorengan, kolak pisang, biji salak, es buah sepertinya sudah menjadi menu wajib di setiap rumah. Apalagi didukung dengan kalimat "Berbukalah dengan yang manis" yang sudah tertanam di kepala masyarakat kita. Padahal, berbuka puasa dengan makanan dan minuman manis menjadi penyebab utama gagalnya diet kamu, loh.

Tubuh kita yang seharian kosong bisa mengalami kenaikan gula darah drastis ketika berbuka dengan menu-menu ekstra manis tersebut. Selain itu, makanan dan minuman manis juga bisa memicu tubuh untuk terus menerus makan. Akan lebih baik kalau kamu mengonsumsi buah-buahan seperti kurma atau pisang ketika berbuka, karena buah mengandung pemanis alami. Tentu saja jangan pakai gula tambahan, ya. Apalagi es buah.

3. Banyak Minum 

foto: freeimages.com
foto: freeimages.com

Hal yang paling sulit dilakukan secara maksimal ketika berpuasa adalah memenuhi cairan tubuh. Ketika berpuasa, otomatis tubuh akan mengalami dehidrasi. Menjaga hidrasi pada tubuh juga menjadi salah satu kunci sukses diet. Perut yang sudah terisi penuh dengan makanan ketika sahur dan berbuka, bisa membuat kita kurang minum air putih. Untuk itu, kamu harus tetap memperhatikan cairan yang masuk ke tubuh, dengan minimal minum 8 gelas air per hari.

Caranya adalah 1 gelas saat bangun tidur, 1 gelas sehabis sahur, 1 gelas saat adzan magrib, 1 gelas setelah shalat magrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah shalat isya, 1 gelas setelah tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id