sign up SIGN UP

LIFE

Mulai Hidup Sehat Dari Sekarang! Ini Cara Alami Berhenti Merokok

Rumaysha Milhania | Selasa, 15 Sep 2020 15:30 WIB
Mulai Hidup Sehat Dari Sekarang! Ini Cara Alami Berhenti Merokok
Cara Berhenti Merokok/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Jika kamu sudah memutuskan untuk berhenti merokok, sadar bahwa kamu akan menghadapi masa-masa sulit untuk berusaha berhenti merokok. Namun, jangan khawatir jika itu berarti kamu tidak akan bisa melakukannya. Berikut adalah lima langkah yang dapat kamu ambil untuk bisa berhenti merokok.

Ingat bahwa merokok akan merusak tubuhmu dan jika kamu berhasil berhenti, itu artinya kamu melindungi dirimu sendiri.
Berhenti Merokok/ Sumber: Freepik.com

1. Buat Komitmen Pada Diri Sendiri

Buatlah komitmen pada diri sendiri jika kamu memang ingin berhenti merokok. Ingat bahwa merokok akan merusak tubuhmu dan jika kamu berhasil berhenti, itu artinya kamu melindungi dirimu sendiri. Pastikan untuk tetap fokus, percaya diri, dan termotivasi untuk berhenti dan tetap berusaha untuk berhenti. Jika kamu belum membuat rencana berhenti, itu belum terlambat. Buat rencana berhenti yang dipersonalisasi sekarang. Kamu dapat memulainya dengan mengurangi asupan rokok dan jangka waktu tertentu dan tegaslah pada periode waktu itu hingga kamu benar-benar berhenti tanpa rokok.

2. Cari Support dan Dukungan

Jika kamu kesulitan untuk bisa menjaga komitmen pada diri sendiri karena tubuhmu sudah sangat ketergantungan, cobalah untuk mencari support dari luar. Kamu bisa mendekatkan diri pada orang-orang yang positif. Beri tahu keluarga dan teman tentang rencanamu untuk berhenti merokok. Minta dukungan mereka, terutama pada beberapa hari dan minggu pertama kamu bebas asap rokok. 


Jika kamu kesulitan untuk bisa menjaga komitmen pada diri sendiri karena tubuhmu sudah sangat ketergantungan, cobalah untuk mencari support dari luar. Kamu bisa mendekatkan diri pada orang-orang yang positif.
Berhenti Merokok/ Sumber: Freepik.com

3. Cari Kesibukan

Menyibukkan diri adalah cara yang bagus untuk terhindar dari keinginan merokok. Menjadi sibuk akan membantu kamu menjauhkan pikiran dari merokok dan mengalihkan perhatian dari keinginan merokok. Beberapa aktiviats yang direkomendasikan antara lain:

  • Olahraga
  • Keluar rumah dan berjalan-jalan
  • Mengunyah permen karet atau permen keras
  • Buat tangan sibuk dengan menulis atau bermain games
  • Minum banyak air
  • Bersantai dengan menarik napas dalam
  • Pergi ke bioskop
  • Habiskan waktu bersama teman dan keluarga yang tidak rokok
  • Pergi makan malam di restoran bebas asap rokok favorit keluarga

4. Hindari Pemicu Merokok

Sadari bahwa pemicu merokok dapat berupa orang, tempat, benda, dan situasi yang memicu keinginan untuk merokok. Pada hari pertama berhenti merokok, cobalah untuk menghindari pemicu merokok yang biasanya membuatmu ingin merokok.

Berpikir positif dan fokus pada tujuan akan membuatmu terus berusaha dan pantang menyerah menghadapi tantangan untuk bisa keluar dari kebiasaan merokok.
Berhenti Merokok/ Sumber: Freepik.com

5. Tetap Positif

Berhenti merokok itu sulit. Ini akan menjadi masa-masa yang cukup berat, apalagi jika kamu adalah seorang perokok berat. Namun, ingatlah beragam kebaikan yang kamu akan dapatkan dengan berhenti merokok. Berpikir positif dan fokus pada tujuan akan membuatmu terus berusaha dan pantang menyerah menghadapi tantangan untuk bisa keluar dari kebiasaan merokok.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id