sign up SIGN UP

Musim Hujan Telah Tiba, Ini 4 Langkah Efektif Sebagai Cara Pemulihan Demam Berdarah

Risma Oktaviani | Minggu, 03 Oct 2021 06:15 WIB
Musim Hujan Telah Tiba, Ini 4 Langkah Efektif Sebagai Cara Pemulihan Demam Berdarah
caption

Memasuki musim pancaroba, perubahan cuaca yang nggak menentu bisa membuat daya tubuh seseorang melemah sehingga menjadi rentan terkena penyakit. Kebanyakan penyakit yang menyerang disebabkan bakteri atau virus, salah satunya adalah demam berdarah.

Demam berdarah adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini lebih sering terjadi di iklim tropis dan tempat-tempat seperti Asia dan Timur Tengah, dan lainnya. Beberapa gejala umum demam berdarah di antaranya adalah demam tinggi, ruam, mual, muntah, dan nyeri tubuh. Penyakit ini juga menyebabkan nyeri otot yang parah karena itu juga sering disebut sebagai demam patah tulang.

Pemulihan dbd atau demam berdarah dapat melalui perawatan yang tepat dan diet yang baik tetapi waktu yang dibutuhkan seseorang untuk pulih dapat bervariasi, untuk kasus yang ringan mulai dari 4 sampai 7 hari. Namun, untuk kasus yang lebih parah mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Nah, berikut 4 langkah efektif yang bisa kamu lakukan sebagai pemulihan pasca demam berdarah.

Pastikan Lingkungan Agar Selalu Bersih

menjaga kebersihan
menjaga kebersihan / freepik.com / prostooleh

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai upaya pemulihan pasca demam berdarah adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kamu. Mulai dari menggunakan tirai di jendela, tidak menggantung baju di luar lemari, menggunakan kelambu, dan menggunakan obat nyamuk di dalam dan di sekitar rumah.

Kamu juga harus memastikan bahwa tidak ada air yang menggenang di area mana pun di dalam dan di sekitar rumah karena genangan tersebut akan menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Cukupi Asupan Cairan Tubuh

stay hydrated
stay hydrated / freepik.com / artursatronovvvv

Produksi keringat yang berlebihan yang dikeluarkan selama demam berdarah dapat menyebabkan dehidrasi ekstrem. Pastikan kamu memenuhi asupan cairan seperti dengan minum air yang cukup agar dapat tetap terhidrasi dengan baik.

Selain itu, tetap terhidrasi juga mengurangi gejala sakit kepala, serta kram otot. Air membantu membuang kelebihan racun ini dari tubuh kamu yang dapat membantu kamu pulih. Kamu juga dapat mengonsumsi atau mendapatkan cairan lain yang mengandung nutrisi seperti vitamin C dan elektrolit untuk dapat membantu pemulihan yang lebih cepat karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Istirahat yang Cukup

istirahat yang cukup
istirahat yang cukup / freepik.com / jcomp

Saat sakit atau badan mulai terasa tidak nyaman seringkali yang paling dibutuhkan adalah tidur yang berkualitas. Ketika kamu menderita dbd atau demam berdarah, kamu akan mengalami demam tinggi, tubuh dan persendian kamu akan merasakan sakit terus-menerus.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk beristirahat yang cukup. Cobalah dan tidur sebanyak yang kamu bisa. Selain itu, pastikan bahwa kamu nggak melakukan aktivitas yang berat atau bepergian ke tempat yang ramai.

Diet Tinggi Protein

diet protein
diet protein / freepik.com / master1305

Selama menderita demam berdarah dan bahkan setelah sembuh, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk mendapatkan suplai vitamin, mineral, protein, dan lemak yang dibutuhkan. Kamu bisa makan ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu lainnya untuk melawan virus dengan cepat.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id