sign up SIGN UP

LIFE

Obat Bau Mulut yang Ampuh Tanpa Resep Dokter

Riza Aningtyas | Sabtu, 16 May 2020 09:00 WIB
Obat Bau Mulut yang Ampuh Tanpa Resep Dokter
caption
Bau mulut memang sangat mengganggu bahkan bisa menyebabkan krisis percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir, Ladies! Berikut adalah obat bau mulut yang ampuh tanpa menggunakan resep dokter.

Bermasalah dengan bau mulut? Memang bau mulut sangat mengganggu. Itu karena bau mulut mempengaruhi penampilan cantikmu dan menurunkan rasa percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Beautynesia merangkum obat bau mulut yang diklaim ampuh. Langsung saja, simak informasi berikut ini.
 


Bau Mulut karena Kebersihan Gigi



Menjaga kebersihan gigi dan mulut memang sangat penting. Itu karena kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga dapat menyebabkan bau mulut. Untuk mengatasinya, kamu harus rajin gosok gigi atau sering berkumur. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan obat bau mulut berikut ini.
 

1. Minyak Kelapa
Foto: Istimewa
source: https://pixabay.com

Pastinya kamu sudah kenal dengan bahan dapur yang satu ini, yaitu minyak kelapa. Ternyata, selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk produk kecantikan. Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai obat bau mulut.
 
Caranya ambil satu sendok makan air kelapa, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 5 sampai 7 menit. Selanjutnya, kamu minum air hangat supaya sisa-sisa minyak kelapa di mulut hilang.

 
2. Daun Mint
Foto: Istimewa
source: https://pixabay.com

Bukan rahasia lagi daun mint dapat digunakan sebagai obat bau mulut. Caranya, ambil daun mint secukupnya kemudian campurkan dengan secangkir air. Lalu, haluskan menggunakan blender selama 2 menit. Gunakan ramuan daun mint tersebut untuk berkumur. Selain menyegarkan, bau mulut yang kamu alami akan menghilang perlahan.
 

3. Jahe


Foto: https://pixabay.com

Pastinya kamu sudah mengenal salah satu tanaman herbal ini, yaitu jahe. Selain dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh, ternyata jahe dapat digunakan sebagai obat bau mulut.
 
Caranya, ambil beberapa rimpang jahe, kemudian parut. Tambahkan air hangat secukupnya di parutan jahe tersebut, lalu peras. Gunakan air hasil perasan jahe untuk berkumur. Sangat disarankan berkumur menggunakan air jahe setelah selesai makan.
 

4. Bubuk Arang Aktif (Activated Charcoal)
Foto: Istimewa
source: https://upload.wikimedia.org

Pada umumnya, bubuk arang aktif (activated charcoal) ini digunakan untuk memutihkan gigi supaya putih berkilau. Ternyata bubuk arang ini juga dapat digunakan sebagai obat bau mulut.
 
Adapun caranya sebagai berikut.
        
  • Siapkan setengah sendok teh bubuk arang aktif dan sikat gigi.
  •     
  • Lalu, balurkan bubuk tersebut di bulu sikat gigi. Selanjutnya gunakan untuk menyikat gigi.
  •     
  • Setelah selesai menyikat, berkumurlah sampai bubuk arang aktif di gigi dan mulut bersih.
 
Nah, untuk mencapai hasil yang maksimal gunakan bubuk arang aktif ini dalam 2 – 3 kali seminggu atau sampai bau mulut benar-benar hilang. Kamu dapat membeli bubuk arang aktif ini di apotek atau toko online, Ladies.
 

5. Cuka Apel
Foto: Istimewa
source: https://pxhere.com


Satu lagi bahan dapur yang dapat dijadikan sebagai obat bau mulut, yaitu cuka apel. Caranya sangat mudah, yaitu berkumur menggunakan larutan cuka apel di pagi dan malam hari. Adapun caranya sebagai berikut.
        
  • Campurkan 1 atau 2 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Kemudian aduk sampai rata.
  •     
  • Lalu, gunakan larutan cuka apel tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, berkumurlah menggunakan air putih supaya rasa asam di mulut hilang.

 

Bau Mulut karena Bakteri



Adapun bau mulut yang disebabkan karena bakteri atau makanan tertentu, kamu dapat menggunakan obat bau mulut sebagai berikut.
 

1. Obat kumur
Foto: Istimewa
source: https://www.flickr.com
 

Bau mulut yang disebabkan oleh bakteri dan makanan tertentu dapat diatasi dengan menggunakan obat kumur. Adapun obat kumur yang direkomendasikan adalah obat kumur yang mengandung bahan antibakteri, seperti: chiorhexidine, hidrogen peroksida dan cetylpyridinium chlorida.
 
2. Garam Epsom

Foto: https://www.flickr.com

Garam epsom atau magnesium sulfat merupakan garam yang biasanya digunakan sebagai tambahan produk kosmetik dan suplemen magnesium. Selain itu, garam epson ini juga dapat digunakan sebagai obat antibakteri dan penghilang racun.
 
Adapun cara untuk menghilangkan bau mulut menggunakan garam epsom dengan cara larutkan 1 sendok teh garam epsom ke dalam segelas air hangat. Lalu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Lakukan secara rutin. Kamu dapat membeli garam epsom ini di apotek, toko kecantikan dan toko online.
 

3. Soda Kue
Foto: Istimewa
source: https://pixabay.com
Ternyata bahan dapur yang satu ini tidak hanya digunakan untuk membuat kue saja. Tetapi juga dapat digunakan sebagai obat bau mulut akibat bakteri. Adapun caranya adalah sebagai berikut.
        
  • Ambil 2 sendok teh soda kue. Kemudian campurkan ke dalam segelas air hangat. Aduklah hingga rata.
  •     
  • Gunakan larutan soda kue tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Bau Mulut karena Asam Lambung




Foto: https://en.wikipedia.org

Bisa jadi bau mulut yang kamu alami karena gangguan asam lambung. Untuk mengatasinya kamu dapat mengonsumsi obat bau mulut, seperti: alginat dan antasida. Kedua obat bau mulut tersebut dapat kamu konsumsi tanpa resep dokter.
 
Jika bau mulut yang disebabkan oleh asam lambungmu berkepanjangan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Itu karena dokter akan memberikan resep obat yang berbeda untuk mengatasi bau mulut yang kamu alami.
 


Bau Mulut karena Radang Amandel (Tonsilitis)




Foto: https://pixabay.com

Penyebab bau mulut lainnya adalah radang amandel atau tonsilitis. Jika kamu mengalami bau mulut yang disebabkan oleh radang amandel, kamu dapat mengatasinya dengan berkumur menggunakan air garam epsom. Lakukan secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Itulah obat bau mulut yang ampuh tanpa resep dokter.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id