sign up SIGN UP

LIFE

Pemerintah Cegah Virus Corona dengan Social Distance, Inilah Alasannya!

Astari Larasati | Rabu, 18 Mar 2020 05:00 WIB
Pemerintah Cegah Virus Corona dengan Social Distance, Inilah Alasannya!
caption
Seperti yang kamu tahu, penyebaran virus covid 19 sudah masuk ke Indonesia. Dan sampai hari Senin (16/02) orang yang positif terpapar ada 134 orang. Pemerintah terus mengupayakan agar penyebaran ini dapat ditanggulangi.

Penyeberan virus Corona yang berasal dari Wuhan, China terus menyebar hingga ke 141 negara. Indonesia termasuk di antara banyak negara yang memiliki orang yang positif terkena virus ini. Karena tiap hari pasien kian menambah jumlahnya.


Oleh karena itu, pemerintah Indonesia mengupayakan untuk mengurangi jumlah pasien positif virus Corona. Saat ini presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat agar enggak keluar rumah dan beraktivitas seperti belajar, bekerja, dan beribadah di dalam rumah.
 


Jika memang dalam keadaan mendesak untuk memaksa kamu untuk keluar rumah. Sebaiknya terapkan social distance agar kamu terhundar dari paparan orang yang sakit atau virus lainnya. Lalu apa itu social distance?
 


Foto: Istimewa

Social distance adalah dimana masyarkat diminta untuk menjaga jarak antara satu hingga dua meter saat dalam pertemuan atau kerumunan besar. Hal ini bertujuan untuk menghambat wabah untuk mengurangi kemungkinan infeksi diantara kumpulan orang.


Memang seringkali sulit dilakukan karena takdirnya manusia adalah makhluk sosial yang enggak lepas dari bantuan manusia lain. Namun hal ini dilakukan untuk keuntungan dan keselamatan warga negara Indonesia. Demi mencegah meningkatnya orang yang terpapar Corona virus.


Foto: Istimewa

Social distance ini diharapkan bisa menjauhkan yang sakit dengan orang sehat. Ketika berada dalam tempat yang sama, virus Corona dapat tertular antar manusia melalui jarak yang dekat. Semakin banyak orang dalam satu kerumunan yang sama dengan orang sakit maka orang sehat pun dapat tertular.
 


Contoh lain dari social distance yang memungkinkan kamu untuk menghindari kerumunan lebih besar adalah bekerja dari rumah alih-alih di kantor, membatalkan segala rapat atau konser yang berinteraksi dengan banyak orang, hingga beralih ke kelas online untuk kamu yang sekolah atau kuliah.


Foto: Istimewa

Selama virus Corona ini menyebar memang wajar jika kamu merasa takut dan khawatir, tapi jangan sampai kamu lengah untuk terus mendapatkan informasi serta menjaga imun tubuh agar tetap sehat. Sebaiknya kamu juga terus berada dirumah dibandingkan harus bertemu dengan banyak orang.
 


Contoh negara yang enggak memerhatikan social distance adalah Korea Selatan. Ada seorang wanita yang sudah memiliki gejala dari virus Corona, namun ia tetap mengunjugi tempat umum dan berinteraksi dengan banyak orang di kerumunan. Akhirnya kota Daegu menjadi kota paling banyak dengan orang yang paling banyak penderita Corona. Hingga saat ini Korea Selatan terdapat lebih dari 8.000 kasus orang positif virus Corona.
 


Foto: Istimewa

Maka dari itu, kamu bisa memetik pelajaran agar terus menjaga jarak. Karena hal ini sangat penting dilakukan, walaupun terdengar sepele. Permasalahan saat ini adalah masalah yang harus dilawan bersama demi keselamatan semua warga negara Indonesia.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id