sign up SIGN UP

Punya Asma? Teh Herbal Ini Wajib Kamu Minum!

Nubira Maisty | Minggu, 13 Jun 2021 23:20 WIB
Punya Asma? Teh Herbal Ini Wajib Kamu Minum!
caption

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi teh ternyata dapat membantu mengobati asma? Salah satu jenis teh yang telah diteliti mampu mengobati asma yaitu teh rooibos.

Teh rooibos mampu berperan sebagai bronkodilator atau obat pereda gejala penyempitan saluran pernapasan. Selain itu, teh rooibos juga memiliki sifat antiinflamasi atau sifat yang dapat meredakan radang. Penasaran bagaimana mekanisme teh rooibos dalam mengobati asma? Yuk simak paparan berikut ini!

1. Berperan sebagai Bronkodilator Alami

Inhaler merupakan barang wajib bagi para penderita asma.
Pengidap Asma dan Inhaler/Sumber: Freepik.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumya, teh rooibos merupakan salah satu bronkodilator atau obat pernapasan alami. Bronkodilator bekerja untuk mengendurkan dan memperlebar saluran udara sehingga kamu terhindar dari penyempitan saluran pernapasan yang berakibat sesak napas.

Karena asma disebabkan oleh pembatasan saluran udara, maka bronkodilator ini sangat penting untuk mengobati kondisi tersebut. Selain itu, mengonsumi teh rooibos saat masih hangat dapat melegakan tenggorokan.

2. Mengurangi Peradangan

Orgasme dapat menyebabkan tubuh melepaskan endorfin dan hormon lain yang dapat membantu meredakan sakit kepala, punggung, dan kaki. Mereka juga dapat membantu nyeri radang sendi dan kram menstruasi.Peradangan/ Foto: Freepik.com

Berbagai jenis antioksidan yang ditemukan dalam teh rooibos memiliki sifat anti-inflamasi. Diketahui bahwa salah satu tanda dari tubuh yang sehat adalah tubuh mampu mengendalikan peradangan dari dalam secara alami lewat senyawa-senyawa dari makanan yang kamu konsumsi.

Asma terjadi akibat peradangan pada saluran pernapasan, penderita asma harus mampu mengendalikan peradangan tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi teh rooibos secara rutin.

3. Menenangkan Stres

Teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu menekan hormon stres.
Teh Rooibos dapat Membantu Meredakan Stres/Sumber: Freepik.com

Teh Rooibos juga dapat membantu penderita asma dengan cara mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Teh Rooibos mengandung asapalathin dan nothofagin, dua antioksidan tersebut secara efektif terbukti dalam proses penurunan tingkat kortisol atau hormon stres.

Kecemasan pada stres itu sendiri dapat menjadi penyebab utama timbulnya gejala sesak pada sistem pernapasan sehingga memperburuk kondisi asma itu sendiri. Itu sebabnya salah satu cara utama melawan asma adalah dengan menjaga tingkat stres agar tetap terkendali.

4. Membantu Melawan Pilek & Flu

Flu musim hujan/Freepik.comFlu musim hujan/Freepik.com

Terakhir, teh rooibos ternyata memiliki sifat anti-virus lho! Sifat anti-virus pada teh rooibos dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu mencegah pilek dan flu. Seperti yang kita ketahui, pilek dan flu adalah bagian dari gejala menuju asma.

Menghentikan pilek dan flu memang tidak akan menghentikan asma dan alergi, akan tetapi hal tersebut dapat menenangkan gejala asma sehingga kamu dapat bernapas dengan leluasa.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id