sign up SIGN UP

LIFE

Pusing dan Sakit Kepala Setelah Makan Santan, Ini Penyebabnya!

Rumaysha Milhania | Selasa, 26 May 2020 04:00 WIB
Pusing dan Sakit Kepala Setelah Makan Santan, Ini Penyebabnya!
caption
Kamu merasa pusing dan sakit kepala setelah makan makanan bersantan di hari raya? Yuk, simak penyebab sakit kepala akibat mengonsumsi makanan bersantan berikut ini!

Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha dihiasi dengan tradisi menyantap makan-makanan lezat dan enak. Namun, hampir semua jenis makanan tersebut memiliki kandungan santan. Meskipun memang gurih, banyak orang mengeluhkan pusing dan sakit kepala setelah mengonsumsi makanan bersantan. Biasanya, mereka akan merasa berat pada bagian belakang kepala atau leher. Apakah ini merupakan pertanda bahwa seseorang memiliki masalah pada kadar kolesterolnya? Yuk, simak ulasan tentang penyebab pusing dan sakit kepala setelah makan makanan bersantan berikut ini!
 


Foto: https://passionstory.fwd.co.id

Makan makanan bersantan di hari raya memang sangat menyenangkan. Bersilaturahim dengan kerabat dan keluarga sambil menyantap hidangan ketupat, sayur godog, opor, gulai, semur, dan sambal goreng kentang memang sangat nikmat. Tanpa disadari kita bahkan terus menambah makanan ini dan mencicipi hidangan serupa di rumah kerabat yang lain. Sayangnya, hal ini biasanya berujung pada rasa tidak nyaman. 

Pasalnya, banyak orang mengeluhkan sakit kepala dan pusing setelah makan makanan bersantan. Kondisi ini biasanya dikaitkan dengan beberapa hal, seperti adalah tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Nah, kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

        
  • Memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol atau darah tinggi
  •     
  • Memiliki berat badan yang berlebih (obesitas)
  •     
  • Memiliki kebiasaan merokok (berlaku juga untuk perokok pasif)
  •     
  • Kurang aktivitas fisik atau jarang berolahraga
  •     
  • Usia yang sudah lanjut

 



Foto: https://www.indoindians.com/


Jika ini terjadi padamu, kamu perlu segera memeriksakan diri pada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan langsung terhadap kondisi tubuhmu. Biasanya akan dilakukan beberapa tindakan berupa tes darah untuk mengetahui kadar kolesterol serta kondisi kesehatanmu secara menyeluruh. Lalu, apabila memang diperlukan, dokter biasanya akan merujukmu ke dokter penyakit dalam. 

Apabila ditemukan bahwa pusing dan sakit kepala yang kamu alami memang disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan kolesterol, kamu dapat melakukan beberapa hal untuk mencegah hal ini terjadi lagi. Pertama, cobalah untuk menghindari mengonsumsi makanan bersantan terlalu banyak agar kadar tekanan darah dan kolesterol tetap normal. Selain itu, pertimbangkan untuk mengonsumsi obat untuk darah tinggi atau kolesterol tinggi secara teratur sebelum menyantap makanan bersantan. Terakhir, jalani pola hidup sehat dengan berhenti merokok, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Perbanyak pula asupan air putih saat mengonsumsi makanan bersantan.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id