sign up SIGN UP

LIFE

Sederet Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ade Irma Suryani | Selasa, 17 Nov 2020 08:00 WIB
Sederet Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan
caption
Jakarta -

Tanaman yang mempunyai nama latin berupa Ziziphus mauritiana ini merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah kering. Tanaman ini, terutama daunnya dapat dimanfaatkan bagi kesehatan dan juga kecantikan. Inilah sederet manfaat daun bidara bagi kesehatan dan juga kecantikan yang perlu kamu ketahui. 

 

1. Menurunkan Kolesterol

Air rebusan Bidara dapat membantu menurunkan kolesterol.
Menurunkan Kolesterol/freepik.com

Daun Bidara diketahui juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dengan cara mengonsumsi air rebusannya. Serat yang terkandung dalam air rebusan daun bidara akan mengikat kolesterol dan membuangnya melalui urin atau feses. 

 

2. Mengatasi Sariawan

Daun Bidara dapat mengatasi sariawan.
Sariawan/freepik.com 

Daun Bidara juga bermanfaat dalam mengatasi masalah sariawan. Hal tersebut tak lain karena kandungan antioksidan di dalamnya dapat mengusir bakteri yang ada dalam mulut. Sebagai langkah pengobatan alami, kamu dapat meminum air rebusan daun bidara sampai sembuh. Selain itu, daun bidara juga dapat mengatasi bibir pecah-pecah.

 

3. Meredakan Gangguan Lambung

Daun Bidara dapat membantu mengatasi gangguan lambung.
Gangguan Lambung/freepik.com 

Bagi kamu yang kerap mengalami gangguan lambung seperti maag atau lainnya, maka kamu juga bisa memanfaatkan daun bidara untuk meredakannya. Caranya, kamu bisa meminum air rebusan daun bidara secara rutin. 

 

4. Mengatasi Keputihan

Daun Bidara dapat membantu mengatasi masalah keputihan.
Masalah Keputihan/freepik.com 

Masalah keputihan memang cukup sering dialami oleh sebagian wanita. Hal ini sendiri terkadang memang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman pada area pribadi tersebut.

Jika kamu mengalami masalah serupa, kamu dapat mengatasinya dengan daun bidara. Hal ini lantaran daun bidara  memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri yang dapat mengurangi efek keputihan. Cara menggunakannya, gunakan air rendaman daun bidara untuk membersihkan area kewanitaan tersebut. 

 

5. Merawat Rambut

Daun bidara dapat bermanfaat untuk merawat rambut.
Rambut Kuat/freepik.com 

Daun bidara juga dapat kamu gunakan sebagai perawatan rambut alami. Caranya, kamu dapat menggunakan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic. Manfaat dari daun bidara ini untuk rambut ialah dapat menjadikannya lebih kuat dan mencegah kerontokan.

 

6. Mengatasi Jerawat

Daun bidara dapat membantu atasi masalah jerawat.
Jerawat/freepik.com 

Adanya kandungan anti bakteri pada daun bidara juga bermanfaat dalam mengatasi jerawat. Caranya, tumbuk halus 5 helai daun bidara. Lalu beri sedikit air atau perasan lemon sampai mengental. Setelah itu, kamu dapat mengoleskannya pada bagian berjerawat. Diamkan sampai kering dan bilas dengan air bersih sesudahnya. 

 

7. Mencegah Penuaan Dini

Daun Bidara dapat membantu mencegah penuaan dini.
Penuaan Dini/freepik.com 

Salah satu manfaat daun bidara bagi kecantikan ialah dapat membantu mengurangi gejala penuaan dini berupa keriput dan lingkaran hitam di bawah mata. Caranya, kamu dapat menghaluskan daun bidara. Lalu campurkan dengan madu dan lemon, sehingga menjadi masker.

Oleskan pada wajah dan biarkan sampai mengering. Bilas dengan air hangat sampai bersih. Untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, kamu dapat menggunakan masker ini 2 kali seminggu. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id