sign up SIGN UP

Sering Sulit Fokus? Yuk Cobain Senam Otak untuk Menambah Fokus Sekaligus Meningkatkan Kecerdasan!

Nikita Karin | Jumat, 26 Nov 2021 09:44 WIB
Sering Sulit Fokus? Yuk Cobain Senam Otak untuk Menambah Fokus Sekaligus Meningkatkan Kecerdasan!
Sulit Fokus? Yuk, Cobain Brain Gym yang Bisa Tingkatkan Fokus Sekaligus Kecerdasan Otak!/Freepik.com/tirachardz
Jakarta -

Beauties, apakah kamu tipe yang termasuk sulit untuk berkonsentrasi? Konsentrasi merupakan aspek yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Karena tanpa konsentrasi, semua kegiatan yang sedang dilakukan bisa jadi berantakan dan tidak maksimal.

Salah satu aktivitas yang dapat berguna untuk meningkatkan fokus adalah brain gym alias senam otak. Nggak hanya untuk meningkatkan fokus, senam otak juga dapat meningkatkan kecerdasan otak, lho!

Yuk, kenalan dengan senam otak dan cari tahu manfaatnya!

Apa Itu Senam Otak?

Brain gym atau senam otak adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memberikan stimulasi pada otak. Ada banyak gerakan-gerakan pada senam otak yang bisa kita coba dan dapatkan manfaatnya.

Contoh-contoh gerakan senam otak dapat dengan mudah kita temukan melalui video YouTube maupun mengikuti pelatihan-pelatihan senam otak. Tidak hanya untuk anak-anak maupun remaja, senam otak juga bisa dilakukan oleh semua kalangan usia, mulai dari balita hingga lansia.

Brain gym memiliki banyak manfaat bagi otak
Senam otak dapat menambah fokus sekaligus meningkatkan kecerdasan otak/Foto: Pexels.com/SHVETS Production

Lantas, kenapa, sih, senam otak bisa memberikan manfaat bagi tubuh, terutama otak? Ternyata, gerakan senam otak dapat mengaktifkan dimensi-dimensi atau bagian dalam otak di mana bagian-bagian dalam otak tersebut bertugas untuk mengatur penerimaan oksigen dalam otak, memperbaiki pernafasan, meningkatkan stamina, melepaskan ketegangan serta mengurangi kelelahan.

Salah satu dimensi otak tersebut juga memiliki tugas untuk melepaskan stres dan hambatan-hambatan bagi seseorang untuk bisa fokus. Sehingga, kemampuan kognitif (fungsi berpikir) seseorang bisa meningkat.

Manfaat Senam Otak

1. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Salah satu fungsi brain gym adalah meningkatkan fokus dan konsentrasi
Membaca Buku/foto: pexels.com/Vincenzo Malagoli

Meskipun gerakan senam otak sederhana, namun banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan. Salah satunya adalah meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Senam otak mampu membantu mengkoordinasikan antara gerakan tangan dan mata serta tangan dan tubuh. Gerakan-gerakan dalam senam otak mampu menguraikan ketegangan-ketegangan pada otak dan tubuh sehingga otak lebih bisa lebih siap menerima informasi.

Selain meningkatkan fokus dan konsentrasi, senam otak juga mampu membantu kita mengulang kembali informasi dan materi  apa saja yang sudah pernah kita pelajari atau dapatkan.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Brain gym dapat berguna untuk meningkatkan kecerdasan
Mengerjakan Tugas-tugas/foto: pexels.com/Judit Peter

Gerakan-gerakan pada senam otak mampu mengaktifkan dan mengoptimalkan kinerja otak. Seperti yang kita ketahui, otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri di mana masing-masing bagian otak memiliki fungsi yang berbeda.

Otak kiri berkaitan dengan hal-hal yang terstruktur, logis, rasional dan bersifat analitis. Sedangkan otak kanan berkaitan dengan kemampuan kreativitas, visual, abstrak dan bersifat emosional.

Dengan melakukan senam otak, seseorang akan mampu menstimulasi kemampuan otak yang ada dalam dirinya sehingga kinerja otak dapat lebih maksimal. Saat otak sudah dalam kondisi optimal, maka informasi yang diterima dapat lebih diserap dengan baik.

Makan-makanan yang bergizi dan baik bagi tubuh seperti buah dan sayur dapat meningkatkan kemampuan otak
Buah-buahan/foto: pexels.com/Trang Doan

Untuk memperoleh manfaat dari senam otak di atas, kita harus rutin melakukan senam otak. Tidak hanya butuh banyak latihan, kita juga perlu mengimbangi senam otak dengan hal lain seperti makan makanan yang bergizi, olahraga yang teratur, tidur yang cukup, dan menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat memicu stres.

Selamat mencoba, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id