sign up SIGN UP

LIFE

Sering Tak Terlihat, Ini Gejala Depresi yang Perlu Kamu Amati

Dyah Na | Rabu, 17 Jun 2020 19:00 WIB
Sering Tak Terlihat, Ini Gejala Depresi yang Perlu Kamu Amati
caption

Setiap orang sering merasa stres dengan kehidupannya. Mulai dari urusan pekerjaan yang tak kunjung selesai, kehidupan di rumah yang tak selalu mulus, hingga ketakutan akan masa depan yang tak pasti.

Rasa stres yang terjadi terus menerus tanpa diatasi bisa berubah menjadi depresi. Bagi beberapa orang, depresi dapat menyebabkan perubahan sikap secara drastis. Namun tidak jarang, depresi justru ditunjukkan dari hal-hal kecil yang lama kelamaan bisa berpengaruh besar untuk kehidupan kita.

Sebelum terlambat, amati perubahan pada dirimu atau orang di sekitarmu. Apakan gejala depresi ini pernah terjadi?


 

Sering Merasa Lelah

Sering merasa lelah saat depresi
Sering Merasa Lelah/Pexels.com

Gejala depresi yang mungkin tidak kamu sadari adalah seringnya tubuh merasa lelah. Lelah yang terjadi bukan karena kamu banyak beraktivitas, namun lelah yang terasa seperti beban berat pada tubuh. Rasa lelah ini terjadi secara berkepanjangan. Bahkan rasa lelah akan tetap muncul meskipun kamu sudah tidur dan istirahat cukup.

 

Kehilangan Minat

Kehilangan minat saat depresi
Kehilangan Minat/Pexels.com

Depresi juga bisa membuat kamu kehilangan minat pada berbagai hal. Bahkan kalau kamu memiliki hobi atau kesenangan akan sesuatu, depresi bisa membuatmu tiba-tiba tidak berminat lagi akan hal itu. Kehilangan minat ini biasanya terjadi tanpa alasan yang jelas dan tidak terjadi secara spesifik. Artinya jika kamu depresi karena pekerjaan, bisa saja kamu justru kehilangan minat bermain game.

 

Sulit Mengendalikan Emosi

Sulit mengendalikan emosi saat depresi
Sulit Mengendalikan Emosi/Pexels.com

Orang yang depresi cenderung sulit mengendalikan emosi dalam dirinya. Hal ini terjadi karena tubuh dan mental sudah terlalu berat menanggung beban, sehingga emosi akhirnya tersalurkan dengan tindakan yang diluar kesadaran. Menyalurkan emosi memang tidak salah, namun kamu juga harus menjaga perasaan orang lain yang tidak memiliki salah padamu ya, Ladies.

 

Berpikiran Negatif

Berpikiran negatif saat depresi
Berpikiran Negatif/Pexels.com

Selalu memiliki pandangan negatif akan segala sesuatu juga jadi salah satu gejala depresi. Kamu akan melihat segala hal dari segi negatif. Bahkan jika ada orang yang ingin membantu pun, kamu akan melihatnya sebagai tindakan negatif. Kamu juga jadi cenderung menyalahkan diri sendiri atas banyak hal buruk yang terjadi di kehidupan.

Gejala depresi mungkin saja tak terlihat. Tapi kalau kamu mulai merasakan gejala ini, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan psikolog atau berceritalah kepada orang yang kamu percaya. Dengan begitu, beban dalam dirimu bisa berkurang dan kondisi kamu juga akan jadi semakin membaik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id