sign up SIGN UP

Skinny Fat: Kondisi Ketika Badan Kurus Tapi Sebenarnya Tinggi Lemak

tyana | Jumat, 09 Jul 2021 10:00 WIB
Skinny Fat: Kondisi Ketika Badan Kurus Tapi Sebenarnya Tinggi Lemak

Skinny fat adalah kondisi di mana sesorang memiliki berat badan normal, bahkan terbilang kurus tetapi kadar lemak tinggi. Adapun kondisi tubuh ini sebenarnya termasuk ke dalam jenis obesitas dan juga dikenal dengan istilah normal weight obesity.

Berbeda dengan obesitas biasanya yang dapat dilihat dari bentuk tubuh, skinny fat tidak dapat dilihat secara langsung, bahkan umumnya memiliki indeks masa tubuh yang normal sekitar 18-25 kg/m2. Hal ini dikarenakan lemak tubuh terbagi menjadi dua jenis yaitu lemak subkutan dan lemak visceral. Lemak subkutan adalah lemak yang disimpan di bawah kulit sehingga dapat terlihat dengan jelas. Sedangkan lemak visceral tidak terlihat langsung, karena letaknya tersembunyi. Biasanya, ada di antara organ tubuh bagian dalam.

Orang yang skinny fat biasanya memiliki lebih banyak lemak visceral sehingga tidak terlihat memiliki berat badan badan berlebih ataupun lipatan lemak. Meskipun begitu, kondisi tubuh ini juga sama berbahayanya dengan obesitas karena dapat menyebabkan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes hingga penyakit jantung. Bahkan menurut jurnal Annals of Internal Medicine tentang bahaya skinny fat pada 2015, kondisi tubuh ini lebih berbahaya daripada obesitas karena memiliki risiko lebih tinggi kematian. 

Untuk itu kita perlu mengetahui penyebab dan bagaimana solusi untuk atasi skinny fat?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id