sign up SIGN UP

LIFE

Sstt, Ini Penyebab Payudara Kendur yang Harus Diantisipasi!

Rumaysha Milhania | Sabtu, 12 Sep 2020 18:00 WIB
Sstt, Ini Penyebab Payudara Kendur yang Harus Diantisipasi!
caption
Jakarta -

Payudara yang mengendur merupakan sebuah kondisi yang umum terjadi. Bahkan ada istilah medis khusus untuk payudara kendur, yaitu ptosis. Perubahan payudara seperti ptosis terjadi secara alami seiring bertambahnya usia. Tapi, banyak faktor lain yang bisa menyebabkan payudara semakin menurun. 

Payudara yang mengendur merupakan sebuah kondisi yang umum terjadi. Bahkan ada istilah medis khusus untuk payudara kendur, yaitu ptosis.
Payudara Kendur/ Sumber: Freepik.com

Kapan Payudara Wanita akan Mulai Mengendur?

Tidak ada usia tertentu kapan seorang wanita akan mulai mengalami penurunan tampilan payudaranya. Sebagian wanita yang berusia dua puluhan dapat memiliki payudara yang kendur, sementara wanita berusia empat puluhan masih dapat memiliki payudara yang kencang. Pasalnya, ada banyak hal yang berkontribusi pada kekencangan payudara, akibatnya wanita mengalami perubahan ini pada waktu yang berbeda. Meskipun begitu, usia pada akhirnya menjadi faktor utama bagi semua wanita untuk mengalami ptosis.

Tidak ada usia tertentu kapan seorang wanita akan mulai mengalami penurunan tampilan payudaranya.
Tips Payudara Kencang/ Sumber: Freepik.com

Penyebab Payudara Mengendur

Ligamen pada payudara, yang disebut ligamen Cooper, merupakan bagian yang penting untuk mengangkat dan menopang payudara. Seiring waktu, ligamen ini bisa meregang dan menyebabkan payudara kendur. Selain itu, kulit yang mengendur atau hilangnya elastisitas kulit juga dapat menyebabkan payudara kendor dan kempes. Beberapa penyebab lain dari payudara yang kendur antara lain:


  • Gravitasi: Gravitasi tanpa disadari menjadi penyebab pengenduran payudara yang terjadi secara perlahan. Tanpa disadari, gravitasi juga akan menarik payudara ke bawah, lalu meregangkan ligamen payudara. Itulah sebabnya, memilih bra yang tepat untuk menopang payudara dapat membantu mencegah payudara kendur.
  • Ukuran dan Bentuk: Payudara yang lebih kecil dengan bagian bawah yang lebih bulat cenderung menahan bentuknya lebih baik daripada payudara yang lebih besar dan berukuran lebih meruncing ke bawah.
  • Indeks massa tubuh: Wanita dengan indeks massa tubuh (BMI) lebih tinggi cenderung memiliki payudara lebih besar daripada wanita dengan BMI lebih rendah. Alhasil, risiko payudara yang kendur juga semakin besar.
  • Penurunan atau kenaikan berat badan: Menambah atau menurunkan banyak berat badan dengan cepat. Diet yang ekstrim dapat mengubah bentuk payudara dengan meregangkan atau mengecilkan kulit di sekitar payudara.
  • Merokok: Merokok menyebabkan kulit kehilangan elastisitas, sehingga perokok lebih cenderung mudah mengalami pengenduran payudara.
  • Genetika: Keturunan dan gen yang kamu dapatkan dari keluarga juga berperan dalam menentukan ukuran dan bentuk payudara, kekuatan ligamen, dan berat badan secara umum.
  • Jumlah kehamilan: Semakin banyak anak yang kamu miliki, makan payudara juga akan semakin mengendur. 
  • Latihan tanpa perlengkapan yang tepat: Latihan yang melibatkan banyak gerakan payudara dapat memberikan tekanan ekstra pada ligamen payudara. Jika payudara, khususnya payudara yang besar, tidak memiliki penyangga yang tepat, maka itu menyebabkan peregangan ligamen. Hasilnya payudara akan menjadi kendur.
  • Usia: Penambahan usia adalah hal yang pasti akan terjadi. Selain itu, payudara yang kendur adalah bagian normal dari proses penuaan, khususnya setelah menopause ketika perubahan hormon dapat memengaruhi struktur dan volume jaringan payudara.
Memilih bra yang tepat untuk menopang payudara dapat membantu mencegah payudara kendur.
Bra Berkualitas/ Sumber: Freepik.com

Nah, untuk menghindari payudara mengendur, berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah pengenduran terjadi lebih cepat:

  • Latih postur yang baik.
  • Gunakan bra dengan ukuran yang tepat.
  • Pertahankan berat badan yang sehat.
  • Minum banyak air untuk menjaga elastisitas kulit
  • Jangan merokok. 

Itulah beberapa hal yang harus kamu tentang payudara kendur. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id