sign up SIGN UP

LIFE

Sudah Dewasa Perlukah Vaksin di Masa Pandemi?

Rizki Astuti | Jumat, 17 Jul 2020 11:35 WIB
Sudah Dewasa Perlukah Vaksin di Masa Pandemi?
Jakarta -

Saat kecil pasti kita perlu melakukan vaksin agar imunitas di tubuh meningkat. Tapi apa pernah terpikir untuk vaksin saat dewasa?

Vaksin memiliki peranan penting untuk membentuk pertahanan tubuh baik anak-anak dan dewasa. Bahkan di masa pandemi covid-19 ini sangat dianjurkan untuk vaksin. Salah satunya adalah vaksin influenza.

Influenza memiliki tingkat penularan yang tinggi, bahkan berpotensi menyebabkan kematian. Setiap tahun, WHO mencatat lebih dari 650,000 kasus kematian terkait influenza di seluruh dunia. Padahal, penyakit ini bisa dengan mudah dicegah oleh vaksin karena efektivitas vaksin influenza dapat mencapai 95 persen bagi mereka yang memiliki tingkat imunitas baik.


"Vaksin dewasa, sebenarnya ada 13 jenis yang bukan diwajibkan tapi dianjurkan untuk membentuk antibody. Semuanya memiliki rentang waktu. Namun penting untuk vaksin influenza, meningitis dan pneumokokus karena ketiganya merupakan penyakit serius yang sering diabaikan karena terlihat remeh atau gejalanya tidak cukup familiar," ujar Dr. Dara Ayuningtyas selaku Head of Medical and Training ZAP Clinic.

Menurut dr. Dara, situasi pandemi membuat banyak orang lebih aware menjaga daya tahan tubuh sebagai usaha preventif agar tidak tertular virus Corona. Hal ini dibuktikan dengan jumlah perawatan kesehatan di ZAP yang meningkat sejak Maret lalu. Pelanggan ZAP yang melakukan vaksin Flu Shot dan perawatan imunitas lainnya yang tersedia meningkat hingga 517% persen pada kurun waktu tiga bulan terakhir.  Selain Flu Shot, perawatan kesehatan yang juga diminati pada layanan ZAP Health adalah Vitamin C, Infuse Extra Immune, dan Infuse Booster Premium.

Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap perawatan kesehatan membuat kami selalu beradaptasi dan berinovasi. Maka hadirlah ZAP Health sebagai klinik preventif yang menjadi solusi layanan kesehatan bagi dewasa maupun anak melalui layanan vaksinasi dan perawatan kesehatan lainnya," kata CEO ZAP Clinic Fadly Sahab.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id