sign up SIGN UP

Swedia hingga Jerman, Hentikan Sementara Vaksinasi Moderna karena Ditemukan Kasus Peradangan pada Jantung! Di Indonesia?

Fina Prichilia | Kamis, 07 Oct 2021 11:30 WIB
Swedia hingga Jerman, Hentikan Sementara Vaksinasi Moderna karena Ditemukan Kasus Peradangan pada Jantung! Di Indonesia?
caption
Jakarta -

Negara Swedia hingga Denmark dilaporkan menghentikan vaksinasi Moderna sementara pada warganya yang berusia 30 tahun ke bawah, karena ditemukannya kasus peradangan pada jantung atau lapisannya.

Kondisi tersebut disebut juga miokarditis. Badan Kesehatan Swedia meyakini gejala ini karena vaksin Moderna, Beauties. Pasalnya banyak yang dilaporkan setelah menerima dosis vaksin kedua.

Bagaimana dengan Vaksinasi Moderna Indonesia?

Ilustrasi vaksin ModernaIlustrasi vaksin Moderna/ Foto: Rifkianto Nugroho

Bila negara tersebut sudah memutuskan untuk menyetop sementara distribusi vaksinasi Moderna, bagaimana di tanah air?

Juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, mengungkap kalau pemerintah tengah mengkaji temuan tersebut, Beauties.

"Gejala ini kemarin juga sudah menjadi perhatian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) Amerika," katanya dikutip dari detikHealth.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga tengan menunggu kebijakan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), terkait bila adanya kemungkinan penundaan vaksinasi Moderna di tanah air.

Mengutip dari detikHealth hingga tulisan ini ditayangkan, ITAGI belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut, terkait temuan itu, alasannya berkaitan dengan efek samping pasca vaksinasi.

Orang dengan riwayat imunisasi lain kurang dari 1 bulan dilarang vaksin Covid-19/Foto: pexels.com/FRANK MERINOIlustrasi vaksinasi. /Foto: pexels.com/FRANK MERINO

Sebelumnya, dilaporkan bahwa efek samping dari vaksin Moderna ini tergolong ringan dan mudah diatasi. Demikian menurut  Ketua Komnas KIPI Prof Hindra Irawan Satari dikutip dari laman detikcom. Dirinya pun belum memberi tanggapan setelah dikonfirmasi lagi oleh tim redaksi detikcom.

Lebih Lanjut tentang Miokarditis

Kondisi ini merupakan peradangan yang terjadi di otot jantung, dampaknya bisa mengurangi kemampuan jantung untuk memompa darah, Beauties. Ketika seseorang terkena serangan ini, jantung akan memompa lebih cepat atau bahkan tidak beraturan atau normal sama sekali. Demikian seperti dilansir dari laman Mayo Clinic.

Biasanya hal ini terjadi karena adanya virus yang masuk ke dalam tubuh, juga reaksi obat yang tengah dikonsumsi. Ketika seseorang mengalami ini, ia akan merasakan beberapa gejala seperti nyeri dada, kelelahan, sesak napas, juga detak jantung yang tidak teratur.

Meski begitu, kasus miokarditis setelah vaksinasi Moderna pun terbilang langka, alias jarang dilaporkan.

Untuk itu, kita nantikan kabar selanjutnya dari Kemenkes bersama, ya.

--------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id