sign up SIGN UP

LIFE

Terbukti! Ini Dia Cara Mendapatkan Tidur yang Nyenyak dan Berkualitas pada Malam Hari

Rumaysha Milhania | Sabtu, 30 May 2020 14:00 WIB
Terbukti! Ini Dia Cara Mendapatkan Tidur yang Nyenyak dan Berkualitas pada Malam Hari
caption
Sering susah tidur saat malam hari? Yuk, intip cara mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas pada malam hari berikut ini.

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu bagian penting yang melengkapi asupan makanan sehat dan rutinitas berolahraga. Menjaga tidur dalam jumlah yang tepat dan disiplin juga bisa membantumu untuk lebih fokus dan produktif dalam beraktivitas di siang harinya. Sayangnya, kebanyakan dari kita kesulitan untuk bisa mendapatkan tidur yang cukup, nyenyak, dan berkualitas. Sulit tidur tepat waktu, sering terbangun tengah malam, hingga mimpi buruk kerap menyebabkan kita menjadi kehilangan waktu beristirahat yang cukup. Nah, untuk mengatasinya, simak ulasan tentang cara mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas pada malam hari berikut ini.

1. Dapatkan Sinar Matahari yang Cukup di Siang Hari

Jangan terlalu sering mengurung diri di dalam kamar. Sinar matahari di siang hari atau cahaya terang buatan dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur di malam hari. Namun, ini harus kamu dapatkan pada siang hari, ya! Jadi, perbanyak waktu di luar rumah atau setidaknya bukalah jendela selebar mungkin pada siang hari untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.


Foto: https://www.readersdigest.ca/


2. Kurangi Paparan Blue Light pada Malam Hari

Paparan cahaya pada siang hari memang dapat bermanfaat untuk membuatmu bangun di hari itu. Namun, sebaliknya paparan paparan cahaya malam hari dapat memberikan efek yang kurang baik pada kualitas tidurmu. Paparan sinar biru yang terlalu banyak akan membuat otakmu berpikir bahwa itu masih siang hari. Kondisi ini dapat mengurangi hormon melatonin, yang membantumu rileks dan tidur nyenyak. Jadi kurangi bermain laptop dan gadget setidaknya 1 atau 2 jam sebelum tidur.
 



3. Hindari Minum Kopi di Sore Hari

Kopi memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Tidak heran jika banyak orang memilih kedai kopi untuk tempat nongkrong hingga meeting dengan klien. Namun, sadari bahwa efek kafein pada kopi akan membuatmu menjadi sulit tidur. Jadi, hindari meminum kopi di sore hari. Pastikan jika waktu terakhir kamu meminum kopi adalah sekitar pukul 2 atau 3 siang. Setelah itu, jangan lagi menyeruput kopi dalam bentuk apapun.
 



Foto: https://www.medium.com/


4. Perbaiki Jadwal Tidur dan Hindari Tidur Siang Terlalu Lama

Jadwal tidur yang berantakan dan tidur siang yang terlalu lama memiliki peran dalam membuat tidurmu menjadi semakin sulit pada malam hari. Pastikan untuk memperbanyak dan mengoptimalkan aktivitas di siang hari agar pada malam hari tubuhmu bisa menikmati waktunya bersantai dan beristirahat.
 



5. Mandi dengan Air Hangat

Terakhir, mandi dengan air hangat adalah salah satu cara untuk membuatmu bisa tidur dengan lebih nyenyak. Penelitian menunjukkan bahwa mandi ar hangat 90 menit sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu seseorang tidur lebih nyenyak.
 


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id