sign up SIGN UP

LIFE

Vaginismus, Penyakit Terhadap Vagina yang Perlu Kamu Deteksi

Erlita Bebby Aprilianti | Minggu, 06 Jun 2021 02:00 WIB
Vaginismus, Penyakit Terhadap Vagina yang Perlu Kamu Deteksi
Apa Itu Vaginismus/ Sumber : freepik.com

Tak banyak orang yang mengetahui tentang jenis penyakit ini, bahkan sampai penderitanya karena kurangnya pengetahuan dan rasa familiar terhadapnya. Ada pula beberapa perempuan yang cenderung tidak mementingkan hal ini karena dirasa bukan penyakit yang berbahaya. Padahal bagi kamu yang sudah atau belum menikah nampaknya harus mengetahui jenis penyakit ini dan sebenarnya vaginismus dapat mempengaruhi hubungan suami istri bagi kamu yang sudah menikah lho!

Apa itu Vaginismus ?

Dikutip dari instagram @vaginismusindonesia, Vaginismus ini adalah suatu keadaan dimana bagian vagina yang merupakan otot dinding vagina menjadi kaku dan tidak bisa dikendalikan oleh penderitanya. Jadi, sang penderita tidak dapat melakukan penetrasi. Dalam keadaan vagina normal, vagina tersebut dapat melakukan penetrasi dalam bentuk apapun, kapan pun dan dalam situasi apapun.

Bahkan menurut WHO, Vaginismus sendiri termasuk ke dalam penyakit penyakit golongan ICD-10 kode N94.2 yang dimana penyakit tersebut merupakan penyakit yang terjadi pada organ-organ reproduksi dan saluran kemih.

Apa Itu Vaginismus / sumber: freepik.com
Apa Itu Vaginismus / sumber: freepik.com

 

Penyebab Vaginismus

7-17% dari populasi perempuan dapat mengalami penyakit ini. Bukan dari salahnya cara merawat vagina, sayangnya hingga saat ini penyebab vaginismus belum dapat diketahui. Banyak yang beranggapan, situasi ini  dipengaruhi oleh pikiran. Namun nyatanya, pikiran tidak dapat mempengaruhi bentuk kerja atau reaksi otot tersebut.

Tak jarang perempuan yang tidak mengetahui hal ini menutup diri untuk berbicara kepada pasangannya tentang gambaran vagina dan menahan kesakitannya sendiri sehingga beberapa mengalami masalah mental yang cukup dalam.

 

Cara Mengobatinya

Bagi kamu yang sekiranya sulit mengalami penetrasi, baik saat melakukan hubungan seksual, pemeriksaan dokter yang membutuhkan penetrasi atau bahkan memasukkan jari atau tampon, konsultasikan segera ke dokter terkait agar tidak hanya menjadi praduga atas kekhawatiranmu saja.

Penyakit ini dapat disembuhkan melalui Dilatasi. Dilatasi adalah suatu proses penetrasi buatan, yang dapat menggunakan jari ataupun alat bantu (dilator).

Vaginismus sendiri mempunyai beberapa tingkatan, dari rendah - menengah - hingga tinggi. Tahap-tahap itu pun memiliki proses yang berbeda-beda sehingga tetap membutuhkan bantuan para professional.

 

Penyebab Vaginismus / sumber: freepik.com
Cara Mengobati Vaginismus / sumber: freepik.com

Untuk masalah kehamilan, bagi kalian para penderita vaginismus tidak perlu khawatir. Banyak penderita yang sudah berhasil melewati fase ini dan dapat mempunyai keturunan serta bebas dari masalah tersebut.

Penderita Vaginismus Dapat Hamil / sumber : freepik.com
Penderita Vaginismus Dapat Hamil / sumber : freepik.com

Jadi bagaimana? apakah kamu baru mengetahui vaginismus?

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id